Wagub Pastikan Kesiapan Lahan Pembangunan Secaba Gorontalo

0
337
Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri) meninjau lokasi pembangunan SECABA dan pesantren internasional di Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, Kamis (11/2/2021). (Foto : Haris)

KABUPATEN GORONTALO, Kominfo – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim memastikan lahan yang disiapkan Pemerintah Provinsi (Pempro) Gorontalo untuk pembangunan Sekolah Calon Bintara (SECABA) TNI Angkatan Darat telah siap digunakan. Hal itu diutarakannya usai meninjau lahan pembangunan SECABA TNI AD yang berlokasi di Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, Kamis (11/2/2021).

“Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi pengadaan tanah untuk pembangunan SECABA, hari ini Pemprov bersama Korem 133/Nani Wartabone, Pemkab Gorontalo, dan pemilik lahan, melakukan peninjauan untuk memastikan tata letak dan ukurannya. Intinya, lahan SECABA dan pesantren internasional sudah tuntas,” kata Wagub Idris Rahim.

Di lahan Hak Guna Usaha milik PT. Tilata tersebut selain akan menjadi lokasi pembangunan SECABA, sebagiannya akan dimanfaatkan untuk pembangunan pesantren internasional. SECABA memperoleh alokasi lahan seluas 40 hektar.

“Setelah pembagian ini tuntas, selanjutnya akan diurus studi kelayakannya, amdal, penetapan lokasi, serta pengadaan tanahnya. Semua akan kita kerjakan secara simultan untuk memperlancar dan mempercepat seluruh prosesnya,” imbuhnya.

Idris menegaskan, pembangunan SECABA maupun pesantren internasional harus dipercepat. Menurutnya, SECABA dan pesantren internasional keduanya sangat dibutuhkan dalam rangka mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia yang menjadi program prioritas Pemprov Gorontalo.

“Tabongo ini menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia karena di wilayah ini juga sebelumnya sudah berdiri Sekolah Polisi Negara, dan mudah-mudahan dalam waktu tidak lama lagi akan dibangun SECABA dan pesantren internasional,” pungkasnya.

Artikel Terkait  Wagub Inginkan Kemandirian Poligon

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini