Wagub Panen Jagung Program Inovasi KNPI Gorontalo

0
176
Foto bersama Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (tengah) dengan Wakil Bupati Pohuwato, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo dan pimpinan PT. Perkebunan Lebuni Gorontalo pada panen jagung di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato, Senin (24/1/2022). (Foto : Haris)

KABUPATEN POHUWATO, Kominfotik – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim melakukan panen jagung di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato, Senin (24/1/2022). Jagung yang dipanen merupakan program kerja sama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Gorontalo dengan Pemerintah Kabupaten Pohuwato dan PT. Perkebunan Lebuni Gorontalo.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Gorontalo saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada KNPI Gorontalo yang sudah berkontribusi dalam meningkatkan produksi dan produktivitas jagung melalui inovasi dan pemanfaatan teknologi tepat guna,” kata Wagub Idris.

Pengembangan agronomi dan teknik budi daya untuk meningkatkan produktivitas jagung menjadi fokus kerja sama antara KNPI Provinsi Gorontalo dengan pihak perusahaan. Teknik budi daya jagung yang dikembangkan adalah sistem tanam sisip yang bertujuan mengefektifkan waktu panen dan meminimalisir biaya pengolahan lahan.

Dengan sistem tanam sisip, hasil untuk tanaman pertama mencapai sembilan ton. Sedangkan untuk tanaman kedua hasilnya lebih meningkat hingga mencapai 13 ton dengan empat kali panen dalam setahun.

“Inovasi yang luar biasa. Dengan sentuhan teknologi ini petani kita pasti akan lebih sejahtera,” ujar Idris.

Sementara itu pengurus KNPI Provinsi Gorontalo, Riyanto Ismail menjelaskan, pengembangan budi daya jagung itu merupakan wujud nyata KNPI dalam memajukan sektor pertanian. Riyanto mengungkapkan, sudah saatnya pemuda Gorontalo tidak hanya aktif dalam program-program sosial saja, tetapi harus melirik dan turut serta mengembangkan sektor-sektor lainnya, termasuk pertanian.

Artikel Terkait  Pemprov Gorontalo Keluarkan Surat Edaran Terkait Perayaan Nataru

“Pemuda Gorontalo harus berubah dan ikut memajukan pertanian. Kami percaya, pertanian khususnya jagung adalah masa depan perekonomian Gorontalo,” tandas Riyanto.

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini