Wagub Idris Hadiri Rakernas APPSI

0
515
Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri), berbincang dengan Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, pada Rakernas APPSI di Hotel Discovery Kartika Plaza, Bali, Senin (9/5/2022). (Foto : Haris)

BALI, Kominfotik – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Hotel Discovery Kartika Plaza, Bali, Senin (9/5/2022). Rakernas dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), Ma’ruf Amin.

Dalam arahannya Wapres Ma’ruf Amin meminta pemerintah daerah untuk mengatasi pandemi COVID-19 melalui program-program yang difokuskan pada penguatan daya beli dan pengentasan kemiskinan melalui penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan ekonomi.

“Terkait hal ini saya minta penyerapan APBD dilaksanakan tepat waktu, tidak berjalan lambat, apalagi mengendap di bank-bank daerah,” kata Wapres.

Lebih lanjut Wapres juga meminta setiap daerah mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui penciptaan ekosistem yang mendukung pencapaian optimal SDM melalui institusi ekonomi yang mampu memfasilitasi kemampuan dan bakat masyarakat terutama generasi muda. Wapres menegaskan aparat pemda harus bisa memberikan contoh dalam penggunaan produk dalam negeri sehingga produk buatan Indonesia menjadi raja di rumah sendiri.

“Para kepala daerah harus menunjukkan komitmen keberpihakan terhadap UMKM dalam upaya percepatan ekonomi nasional seperti pemberian subsidi bunga pinjaman, pemberian modal kerja, insentif perpajakan, dan penguatan teknologi digital bagi UMKM,” ujarnya.

Pada akhir arahannya, Wapres meminta pemda mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat, melanjutkan reformasi birokrasi, serta pembenahan manajemen Aparatur Sipil Negara. Wapres berharap, seluruh daerah di Indonesia terus mencegah korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta diskriminasi dalam tata kelola pemerintahan, termasuk praktik jual beli jabatan yang masih terjadi.

Artikel Terkait  Transaksi Gebyar UMKM Gorontalo Lebih Dari Setengah Miliar Rupiah

“Sekitar 77 persen ASN berada di instansi daerah. Saya titip kepada gubernur untuk mendorong penyelenggaraan mal pelayanan publik di kabupaten dan kota di masing-masing provinsi sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 89 Tahun 2021 karena ini adalah langkah strategis dalam perbaikan sistem pelayanan publik di Indonesia,” tandasnya.

Rakernas APPSI tahun 2022 mengangkat tema “Meningkatkan Peran Pemerintah Daerah Provinsi Untuk Kesinambungan Pembangunan”. Rakernas akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari 9 hingga 11 Mei 2022.

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini