Wagub Harapkan BPOM Lakukan Razia Dengan Cara Persuasif

0
352
Foto bersama Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (ketiga kiri) dengan Kepala dan staf BPOM Provinsi Gorontalo, Selasa (20/3)

GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, meminta Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Gorontalo dalam melakukan tugasnya merazia makanan, obat-obatan dan kosmetik yang ada di Gorontalo harus mengedepankan cara-cara persuasif. Cara tersebut diantaranya dengan gencar memberikan peringatan ataupun pemberitahuan untuk tidak menjual barang-barang yang tidak halal maupun kadaluarsa.

“Sekarang banyak isu-isu yang beredar terkait dengan kehalalan produk makanan, obat dan kosmetik. Belum lagi makanan kadaluarsa yang bebas dijual di pusat berbelanjaan. Jadi diberikan penegasan dan peringatan jangan lagi menjual barang seperti itu,” kata Idris Rahim saat melakukan menerima kunjungan kepala BPOM Provinsi Gorontalo yang baru, Yudi Noviyandi, di ruang kerja Wagub, Selasa (20/3).

Idris menjelaskan, selama ini Pemprov Gorontalo telah menjalin kerja sama dengan BPOM dalam mengintensifkan pengawasan obat dan makanan di Provinsi Gorontalo. Wagub meminta, di bawah kepemimpinan Kepala BPOM yang baru tersebut hubungan kerja sama tersebut bisa lebih ditingkatkan untuk melindungi masyarakat Gorontalo dari makanan dan obat-obatan yang tidak layak dikonsumsi.

“Koordinasi, konsultasi, dan komunikasi dalam pengawasan obat dan makanan harus lebih komprehensif dan melibatkan lintas sektor untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ujar Wagub.

Sementara itu Kepala BPOM Provinsi Gorontalo Yudi Noviyandi mengatakan, tujuan utama bertemu dengan Wagub Idris Rahim yakni untuk bersilaturrahim sekaligus memperkenalkan diri.

Artikel Terkait  Stakeholder Perhubungan Bahas Peizinan AOTDT

“Saya kan masih baru bertugas di Provinsi Gorontalo, dan dari unsur pimpinan daerah tinggal pak Wagub saja yang belum saya temui,” jelas Yudi.

Yudi juga mengungkapkan, dirinya mendapat banyak saran dan masukan dari Wagub Idris Rahim. Utamanya menyangkut koordinasi dan silaturrahim antar instansi terkait yang perlu dijaga, dibina, dan ditingkatkan.

Sebelum bertugas di Provinsi Gorontalo, Yudi Noviandi menjabat sebagai Kepala Bidang Pengujian Teranokoko di Balai Besar POM Palembang. Yudi menggantikan Sukriadi Darma yang dipromosi sebagai Kepala Balai Besar POM DKI Jakarta.

Pewarta : Mersin
Editor : Haris
Foto : Fikri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini