Wagub Gorontalo Ikuti Sosialisasi PTSL Tahun 2022

0
617
Wagub Gorontalo H. Idris Rahim mengikuti sosialisasi program PTSL tahun 2022 yang dipimpin oleh Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil secara virtual di ruang kerja Wagub Gorontalo, Kamis (27/1/2022). (Foto : Haris)

KOTA GORONTALO, Kominfotik – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mengikuti sosialisasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2022 secara virtual di ruang kerja Wagub Gorontalo, Kamis (27/1/2022). Sosialisasi dipimpin oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil.

Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil dalam sambutannya mengatakan, PTSL merupakan salah satu program strategis nasional yang pada tahun 2022 ini telah memasuki tahun keenam. Sofyan menegaskan, dalam rangka mengoptimalkan target kegiatan PTSL, perlu adanya persamaan persepsi antara seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah.

“Kami sangat mengharapkan dukungan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota di seluruh Indonesia, tanpa dukungan itu kami tidak bisa bekerja lebih cepat. Belum adanya jaminan kepastian hukum atas tanah seringkali memicu terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan di berbagai wilayah Indonesia,” ujar Sofyan.

Adapun dukungan yang diharapkan dari pemerintah daerah yaitu memfasilitasi pemasangan tanda batas bidang tanah termasuk sempadan, menyiapkan data-data yang diperlukan untuk kelengkapan persyaratan pendaftaran tanah, serta melakukan pembebasan atau keringanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk kegiatan PTSL. Dukungan lainnya meliputi penyiapan anggaran pra PTSL, serta membantu menyediakan sarana dan pra sarana operasional kegiatan PTSL.

“Dengan dukungan kepala daerah, sertifikasi tanah masyarakat bisa berjalan sangat baik dan sangat cepat,” tandas Sofyan.

Artikel Terkait  Wagub Apresiasi BI Gorontalo Dorong Sektor Ekonomi Lebih Produktif

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini