Wagub Berharap Pemberdayaan UMKM Pulihkan Ekonomi Gorontalo

0
91
Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan), menyaksikan penandatanganan kerja sama antara KPw BI Gorontalo Budi Widihartanto (tengah) dengan Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie pada pembukaan Hulonthalo Art & Craft Festival 2021 di Graha Azizah, Kota Gorontalo, Rabu (30/6/2021). (Foto : Haris)

KOTA GORONTALO, Kominfo – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim membuka Hulonthalo Art and Craft Festival 2021 di Graha Azizah, Kota Gorontalo, Rabu (30/6/2021). Festival yang untuk kedua kalinya digelar tersebut merupakan kolaborasi antara Kantor Perwakilan BI Gorontalo, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Gorontalo.

Wagub Idris dalam sambutannya mengatakan, kondisi perekonomian Provinsi Gorontalo hingga Triwulan I 2021 masih mengalami kontraksi sebesar negatif 1,9 persen. Idris mengutarakan, untuk memulihkan perekonomian daerah di tengah pandemi COVID-19, Pemerintah Provinsi Gorontalo sejak awal pandemi COVID-19 telah melaksanakan berbagai upaya, salah satunya yaitu stimulus ekonomi bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kita berharap kegiatan Hulonthalo Art and Craft Festival ini mendukung pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM yang bergerak di bidang industri kreatif,” kata Idris.

Idris menuturkan, Gorontalo memiliki banyak potensi ekonomi kreatif seperti kuliner, fashion, kriya, seni pertunjukan, musik, dan fotografi. Menurutnya, jika seluruh potensi itu dikelola dengan baik akan mampu memacu pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu Idris berharap, festival yang akan berlangsung selama tiga hari itu dapat memberi semangat pelaku UMKM industri kreatif untuk terus berinovasi dan berkarya menghasilkan produk-produk berkualitas.

Sementara itu Kepala Perwakilan BI Gorontalo, Budi Widihartanto pada kesempatan itu mengungkapkan, pembiayaan perbankan bagi sektor UMKM di Provinsi Gorontalo sempat mengalami penurunan hingga 10 persen pada periode Desember 2020 hingga Januari 2021. Namun pada akhir Triwulan I 2021 kondisi itu berbalik, bahkan penyaluran kredit perbankan kepada UMKM tumbuh di atas 3,3 persen.

Artikel Terkait  Wagub Idris Rahim Ikuti Pertandingan Tenis Persahabatan di Boalemo

Lebih lanjut Budi menegaskan komitmen perbankan Gorontalo untuk mendukung dan meningkatkan sektor UMKM. Dikatakannya, Kantor Perwakilan BI Gorontalo telah melaksanakan berbagai program di antaranya peningkatan kapasitas pelaku UMKM, peningkatan kualitas produk melalui proses kurasi, memberikan akses keuangan atau pembiayaan, serta memfasilitasi promosi produk ekraf baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Dukungan BI untuk pengembangan UMKM Gorontalo tidak perlu diragukan lagi, kami akan selalu mendukung UMKM supaya pemulihan ekonomi bisa kita jaga. Beberapa waktu lalu kita mempromosikan karawo pada fashion show di Ankara, Turki,” tandasnya.

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini