Tiga Pimpinan OPD Provinsi Gorontalo Raih SAKIP Award

0
164
Foto bersama peraih SAKIP Award 2021 lingkup OPD Provinsi Gorontalo dan Kabupaten/Kota di Hotel Aston Kota Gorontalo, Kamis (22/7/2021). (Foto : Haris)

KOTA GORONTALO, Kominfo – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menggelar Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award tahun 2021 di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Kamis (22/7/2021). SAKIP Award yang untuk pertama kalinya digelar tersebut merupakan penghargaan kepada pemimpin perubahan dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan mendorong efektivtias penggunaan anggaran.

SAKIP Award 2021 lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Gorontalo diraih oleh tiga pimpinan OPD dengan nilai SAKIP tertinggi. Posisi pertama ditempati oleh Kepala Dinas Penanaman Modal, ESDM dan Transmigrasi, Bambang Tri Handoko, dengan nilai SAKIP 77,26. Disusul oleh Kepala Dinas Perhubungan, Muh. Jamal Nganro, nilai SAKIP 75,93, serta Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja, Perlindungan Masyarakat dan Pemadaman Kebakaran, Sudarman Samad, yang memperoleh nilai SAKIP 74,81.

“Penghargaan ini merupakan motivasi kepada pimpinan OPD baik provinsi maupun kabupaten/kota karena SAKIP ini adalah bagian penting dalam percepatan reformasi birokrasi. Sekaligus mendorong komitmen pimpinan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim dalam sambutannya pada kegiatan itu.

Penilaian SAKIP Award menggunakan kriteria utama yaitu nilai SAKIP tertinggi mulai dari BB atau sangat baik hingga A atau memuaskan. Penilaian juga menggunakan indikator dan parameter lainnya seperti kepatuhan terhadap Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB), serta kecepatan respon terhadap pengaduan pelayanan publik. Menurut Idris, inti dari penilaian SAKIP Award menyangkut kecepatan dan kepatuhan pimpinan OPD terhadap aturan perundang-undangan yang berlaku.

Artikel Terkait  Rakor GTRA, Wagub : Untuk Menyinkronkan Data Potensi TORA

“Pakem dari seorang pemimpin adalah tahu masalah yang dihadapinya dan tahu solusinya. Pimpinan juga harus tahu kelemahan organisasi yang dipimpinnya dan selanjutnya berupaya mengelola kelemahan itu menjadi kekuatan dan peluang,” imbuhnya.

Selain untuk lingkup OPD Provinsi Gorontalo, SAKIP Award 2021 juga diberikan kepada OPD Kabupaten/Kota. SAKIP Award untuk Kota Gorontalo diraih oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan dengan nilai 83,36, Kabupaten Bone Bolango diraih Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang dengan nilai 85,65, dan untuk Boalemo diraih oleh Dinas Kesehatan yang memperoleh nilai 84,68. Selanjutnya untuk Kabupaten Gorontalo diraih oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan dengan nilai 81,92, Gorontalo Utara diraih Dinas Ketahanan Pangan dengan nilai 82,30, serta Pohuwato diraih oleh Badan Keuangan Daerah dengan nilai 76,02.

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini