WEBSITE RESMI

PEMERINTAH PROVINSI GORONTALO

Sutan Rusdi Dorong Gorontalo Raih SPM Awards

Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Gorontalo Sutan Rusdi saat menghadiri SPM Awards 2023 yang dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta , Selasa (21/3/2023). (Foto: Zakir)

Jakarta, Kominfotik – Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Gorontalo Sutan Rusdi mendorong Provinsi Gorontalo agar bisa mendapatkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards di tahun 2024. Hal ini disampaikannya saat usai menghadiri SPM Awards 2023 yang dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta , Selasa (21/3/2023).

“Insya Allah kedepannya Provinsi Gorontalo termasuk Kabupaten/Kotanya bisa memperoleh SPM Awards. Ini adalah pemberian reward untuk daerah yang berkinerja baik, dan memotivasi kita juga agar kedepan bisa memberikan yang terbaik,” ujar Rusdi.

Dijelaskan Rusdi indikator penilaian SPM tahun anggaran 2022 diantaranya Indeks pencapaian SPM (IP-SPM), komitmen anggaran penerapan SPM, dan pelaksanaan tahapan penerapan SPM. Selanjutnya pembentukan dan keaktifan tim penerapan SPM, kualitas serta ketaatan terhadap pelaporan SPM secara triwulanan pada aplikasi pelaporan SPM berbasis web (e-SPM).

Untuk Provinsi Gorontalo sendiri Rusdi menilai salah satu faktor yang perlu ditingkatkan adalah penambahan alokasi anggaran daerah untuk melaksanakan standar pelayanan urusan pemerintahan yang berkaitan dengan pelayanan dasar. Menurutnya hal ini memerlukan komitmen yang kuat dari setiap kepala daerah.

“Ada enam hal wajib pelayanan dasar SPM yaitu pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat dan sosial,” sebut Rusdi.

SPM Awards tahun 2023 dibuka oleh Wakil Menteri Dalam Negeri RI John Wempi Wetipo dan dihadiri pejabat terkait, Kepala Daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota se Indonesia.

Penerima SPM Awards 2023 untuk provinsi terbaik diraih oleh Provinsi Kalimantan Utara, Jawa Barat dan Sumatera Barat. Selanjutnya kabupaten terbaik ada Kabupaten Karanganyar, Soppeng, dan Bogor. Sementara untuk kota terbaik ada Kota Tangerang, Prabumulih, dan Padang.

Pewarta : Zakir BPPG/Mila

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

Arsip Berita