Serapan Anggaran 32 OPD Periode Februari  Lampaui Target

0
241
Suasana Rapat Evaluasi Serapan Anggaran OPD Pemprov Gorontalo periode bulan Februari yang berlangsung di gedung Dulohupa, Kamis (15/3). (Foto: Nova-Humas).

GORONTALO – Serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Gorontalo  untuk 32 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) periode Februari 2018 memberikan hasil yang sangat baik. Hingga 15 Maret 2018, realisasi fisik sudah mencapai 8,07 persen dari target 4,45 persen.  Sementara untuk realisasi keuangan berada pada 5,43 persen dari target 2,50 persen.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi (P2E) Setda Provinsi Gorontalo Wahyudin Katili pada Rapat Pimpinan (Rapim) penyerapan anggaran di ruangan Dulohupa kantor Gubernur Gorontalo, Kamis (15/3).

“Alhamdulillah atas usaha dan kerja kerasa semua pihak selang bulan februari 2018 ini seluruh OPD lingkup Pemprov Gorontalo semuanya memenuhi target. Ini adalah perjalanan awal tahun yang cukup baik jika dibandingkan pada tahun lalu di periode yang sama,” ungkapnya

Sementara itu Sekertaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarini Monoarfa mengapresiasi capaian target belanja fisik dan realiasi keuangan OPD. Ia berharap capaian ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada periode berikutnya.

Hal lain yang menjadi perhatian Sekda menyangkut realisasi fisik dan keuangan OPD yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat. DAK wajib diserap jika tidak anggaran tersebut akan dikembalikan ke pusat.

“Ini sesuai arahan dari pak Gubernur dan pak Wagub agar 11 OPD yang memiliki kegiatan fisik yang bersumber dari DAK, agar segera membuat isian tabel rencana progres. Daftar itu dievaluasi evaluasi khusus, paling lama bulan April harus sudah terealisasi,” tegasnya.

Artikel Terkait  1 Pembangkit 25 MW PLTU Anggrek Hampir Rampung

Pewarta: Ecyhin

Editor: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini