Sekdaprov Gorontalo Hadiri Pelantikan APWI Gorontalo

0
112
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba saat memberikan sambutan pada pengukuhan dan pelantikan Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (DPD APWI) Provinsi Gorontalo periode 2021 – 2025 di Aula Kampus II Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Jumat (4/2/2022). Darda berharap para Widyaiswara yang ada di Provinsi Gorontalo untuk menjaga marwah sebagai guru bangsa. (Foto : Zein)

KAB. BONE BOLANGO, Kominfotik – Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (DPD APWI) Provinsi Gorontalo periode 2021 – 2025 resmi dilantik oleh Ketua Umum APWI, Boediarso Teguh Widodo secara virtual di Aula Kampus II Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Jumat (4/2/2022). Hadir secara langsung Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, Kabid Diklat Teknis Fungsional Tajuddin Pata, Dewan Pakar DPD APWI Provinsi Gorontalo beserta jajaran pengurus lainnya.

“Hari ini Saya sangat bergembira karena hadirnya organisasi profesi bagi Widyaiswara di Provinsi Gorontalo. Hal ini tentu sesuai amanat organisasi, bahkan dalam Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 42 Tahun 2021 tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara ditegaskan bahwa APWI merupakan
satu – satunya organisasi yang menaungi Widyaiswara Indonesia,” ungkap Darda membuka sambutannya.

DPD APWI Provinsi Gorontalo terbentuk berdasarkan hasil musyawarah daerah pertama tanggal 29 desember 2021. Pada periode 2017 – 2021 sebelumnya, nomenklatur organisasi ini bernama Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI).

Dalam sambutannya Darda Daraba berharap para Widyaiswara yang ada di Provinsi Gorontalo untuk menjaga marwah sebagai guru bangsa. Apalagi di
era disrupsi, metaverse, dan praktik digital yang juga berimbas pada sistem pembelajaran dan metode pelatihan. Oleh karena itu, tidak ada pilihan lain bagi anggota APWI dan lembaga pelatihan kecuali harus mengikuti perubahan yang sangat cepat jika tidak ingin tertinggal.

Artikel Terkait  APBD-Perubahan Pemprov Gorontalo Resmi Disahkan

“Maknanya adalah sebuah organisasi termasuk birokrasi pemerintahan harus menjadi organisasi pembelajaran yang kreatif, lincah,berwawasan, berperilaku dan berkinerja. Saya menilai, ihwal tersebut mulai ditunjukkan oleh Badan Diklat Provinsi Gorontalo sebagai tempat beraktivitasnya para Widyaiswara,” ungkap Darda.

Selanjutnya ia mengapresiasi prestasi yang telah dicapai DPD APWI Provinsi Gorontalo antara lain memperoleh penghargaan Terbaik Il “Collaborative and Inclusive Learning Center” kategori Lembaga Pelatihan Pemerintah Daerah yang disematkan oleh LAN-RI. Sejak dua tahun terakhir pula APWI terus mengalami lompatan-lompatan yang signifikan dan hasilnya ikut dirasakan oleh Widyaiswara di Gorontalo, misalnya telah berhasil diperjuangkan peningkatan Tunjangan Jabatan Widyaiswara
terhitung November 2021. Juga adanya dorongan dari DPP APWI, LAN-RI serta Pemerintah Provinsi Gorontalo agar para Widyaiswara terus mengembangkan kompetensinya melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah.

“Saya yakin sedikit-banyaknya ada partisipasi dari
para Widyaiswara dalam kemajuan dan prestasi di lembaga diklat. Besar harapan kami agar DPP APWI terus membuat inovasi dan terobosan yang berdampak pada peningkatan kualitas anggota APWI secara internal dan peningkatan kapasitas ASN secara eksternal,” Darda menambahkan.

DPD APWI Provinsi Gorontalo dilantik Berdasarkan SK DPP APWI Nomor: KEP-045/ DPP-APW1/1/2022 tanggal 10 Januari 2022 oleh Sekjen DPP APWI. Dalam hal ini Faiz Mahmud dipercayakan sebagai Ketua DPD APWI Provinsi Gorontalo Periode 2021 – 2025.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini