Sekdaprov Gorontalo Buka Rakor Bidang Perumahan dan Permukiman

0
74
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba saat memberikan sambutan pada rapat koordinasi bidang perumahan dan permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Provinsi Gorontalo, di Ballroom Karawo Lt. III Bapppeda, Kamis (25/11/2021). Rakor tersebut bertujuan untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi pembangunan perumahan dan penanganan kawasan permukiman provinsi dan kabupaten kota, serta pembahasan kegiatan bidang urusan perumahan dan urusan permukiman tahun 2022, baik yang didanai APBD maupun APBN di Provinsi Gorontalo.

KOTA GORONTALO, Kominfotik – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba membuka rapat koordinasi bidang perumahan dan permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Provinsi Gorontalo, di Ballroom Karawo Lt. III Bapppeda, Kamis (25/11/2021). Rakor bertujuan untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi pembangunan perumahan dan penanganan kawasan permukiman provinsi dan kabupaten kota, serta pembahasan kegiatan bidang urusan perumahan dan urusan permukiman tahun 2022, baik yang didanai APBD maupun APBN di Provinsi Gorontalo.

“Rapat koordinasi ini tentunya sangat bermakna dan penting. Dulu bidang penyedia peruhaman ini dianggap sepele, tetapi sekarang sudah menjadi urusan wajib, baik pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota untuk menjamin bahwa masyarakat itu ada di zona yang sehat,” kata Sekda Darda dalam sambutannya.

Sekda Darda menuturkan, keberhasilan dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman ditentukan mulai dari perencanaan, kelembagaan hingga kualitas data. Kelembagaan terintegrasi perlu didukung dengan basis data dan informasi yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan.

“Tolong teman teman di kabupaten kota untuk menseriusi (rakor) ini, karena saat ini pembangunan perumahan dan kawasan permukiman masih menghadapi tantangan besar yaitu ada backlog atau ketersediaan perumahan dengan jumlah penduduk masih sangat jauh,” ujar Darda.

Sekda Darda berharap melalui rakor tersebut dinas PRKP provinsi dan kabupaten/kota dapat mengevaluasi program kerja yang telah dilaksanakan, sekaligus merumuskan dan menyusun program baru karena RPJMD Dinas PRKP akan berkahir tahun depan. Darda menaruh harapan besar, program PRKP bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Artikel Terkait  Gubernur Buka Baksos Lanal Gorontalo di Gorontalo Utara

“Acara hari ini sangatlah penting, untuk itu dimohonkan kepada peserta rakor agar menyimak dengan baik apa yang disampaikan oleh narasumber, baik pusat maupun daerah yang akan membahas tentang arah kebijakan perumahan dan kawasan permukiman untuk tahun 2022, capaian pemenuhan SPM dan mekanisme pelaporan SPM,” tandas Darda.

Rakor bidang perumahan dan permukiman dihadiri oleh Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah Sekjen Kementerian PUPR, Kepala BPBD Provinsi Gorontalo, kepala bapppeda provinsi dan kabupaten/kota, Kepala Balai BP2W Wilayah Gorontalo, Kepala Balai BP2P Sulawesi 1, serta dinas terkait lainnya.

 

Pewarta: Nova

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini