Sekda Dorong Perempuan Suarakan Kesetaraan Gender

0
293
Sekertaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, saat membuka sekaligus memberikan arahan pada Ekspos Rencana Aksi Darah (RAD) Pengarusutamaan Gender (PUG) Provinsi Gorontalo, yang berlangsung di Ballroom Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Jumat (30/11/2018). (Foto – Nova Humas)

KOTA Gorontalo, Humas – Sekretaris daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, mendorong perempuan – perempuan milenial untuk aktif menyuarakan kesetaraan gender dan mengkampanyekan stop Kekerasan perempuan dan anak.

Harapan itu datang langsung dari Sekda Darda, saat membuka sekaligus memberikan arahan pada Ekspos Rencana Aksi Darah (RAD) Pengarusutamaan Gender (PUG) Provinsi Gorontalo, yang berlangsung di Ballroom Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Jumat (30/11/2018).

Dalam arahannya Sekda mengatakan, dalam 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan menjadi tujuan ke lima yang targetnya antara lain adalah mengakhiri segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan, menghapus segala bentuk kekerasan, menjamin partisipasi penuh nasional untuk mengembangkan kapasitas kelembagaan dalam rangka menciptakaan kesearaan gender.

“Perempuan harus berani menjadi pengambil keputusan. Jangan hanya terus menjadi korban, terutama pelecehan seksual. Kalau bukan ibu-ibu siapa lagi yang bisa mengkampanyekan PUG ini,” ujar Mantan Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol, Kementrian PUPR ini.

Lebih lanjut ia menambahkan, indeks pembangunan gender (IPG) Provinsi Gorontalo adalah 85,87 persen dan indeks pemberdayaan perempuan (IDG) adalah 70,01 persen selisih 0,8 persen dari rata-rata nasional. Secara umum bahwa capaian IPG dann IDG Provinsi Gorontalo. Hanya perlu pengkajian yang lebih spesifik tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak, kontribusi perempuan terhadap pendapatan serta akses permodalan bagi perempuan dalam sektor UKM dan industry.

Artikel Terkait  Idris Ajak Warga Gorontalo Dirantau Berkontribusi Membangun Daerah

“Saya berharap kegiatan hari ini bisa menghasilkan rekomendasi bagi pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Provinsi Gorontalo kedepan, sepreti strategi untuk memaksimalkan perlindungan perempuan dan anak, menciptakan kota layak anak, peningkatan leyanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur,” harapnya

Sementara itu, Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki mengatakan, tujuan dari kegiatan ekspos RAD PUG yakni, kita menginginkan masukan dari berbagai pihak lembaga perempuan terkait dengan rencana aksi yang akan kita buat.

Ia menuturkan, isu besar di provinsi Gorontalo berkaitan dengan perempuan ini yang masih menonjol adalah kemiskinan yang disebabkan oleh ibu yang berfungsi sebagai kepala keluarga.

“Yang rendah itu sumbangsi perempuan dalam pendapatan keluarga. Kalau keterlibatan perempuan dalam parlemen politik Gorontalo sudah cukup tinggi,” ungkap Budi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Bappeda dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten/Kota Seprovinsi Gorontalo, kasubag Progra,Vocal Point PUG Provinsi Gorontalo, Perwakilan dari instansi vertikal, Perguruan Tinggi, Asosiasi, Organisasi serta LSM, dan Anak-Anak dari Forum Anak Provinsi Gorontalo.

Pewarta : Nova 

 

Top of Form

Bottom of Form

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini