Sekda Darda: Kolaborasi SDI Kunci Perbaikan Tata Kelola Data

0
107
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba (kemeja hitam) saat menghadiri pembukaan rakor kolaborasi Satu Data Indonesia (SDI), di Hotel Aston Gorontalo, Senin (22/11/2021). (Foto: Nova)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengatakan pentingnya koloborasi Satu Data Indonesia (SDI) sebagai kunci perbaikan tata kelola data agar menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Kenapa dibutuhkan kolaborasi antar stakeholder karena Badan Pusat Statistik (BPS) tidak bisa berdiri sendiri untuk menyajikan data yang valid,” Kata Sekda Darda pada pembukaan rapat koordinasi kolaborasi satu data Indonesia, bertempat di Hotel Aston Gorontalo, Senin (22/11/2021).

Darda menuturkan bahwa ketersediaan data dan informasi yang memadai akan memberikan dasar dan arahan akurat kepada pemerintah dalam merumuskan kebijakan dan program pembangunan yang tepat.

Untuk itu, Darda menyambut baik rapat koordinasi kolaborasi SDI sebagai upaya yang konstruktif dalam rangka membangun persepsi yang sama tentang satu data. Darda berharap pertemuan tersebut dapat merumuskan tindak lanjut yang aplikatif dan implementatif demi terwujudnya satu data di Gorontalo.

“Harapan saya, forum satu data di bawah koordinasi Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo yang telah terbentuk agar diaktifkan untuk menciptakan satu koordinasi yang baik, kolaborasi dan komunikasi, serta menjadi sarana untuk menciptakan inisiasi dan kreatifitas dalam pembangunan satu data ini di seluruh instansi atau OPD,” Pungkasnya.

Rapat koordinasi dihadiri oleh Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Kepala BPS Maluku, Manager Perencanaan, Analisa dan Pemanfaatan Data Bappenas RI, Manajer Tata Kelola dan Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo.

Artikel Terkait  Gubernur Gorontalo Bangga SPN Mulai Didik Calon Bintara

 

Pewarta: Nova

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini