PUPR Gorontalo Gelar Lomba Pengelolaan Sarana Air Minum

0
46

Gorontalo, Humas – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo menggelar Lomba Kelompok Pengelola Sarana Pengelolaan Air Minum (KP-SPAM) atau Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2019.

Lomba KP-SPAM tahun ini diikuti oleh 15 kelompok dari lima kabupaten yang ada di Provinsi Gorontalo, masing-masing kabupaten diwakili oleh tiga kelompok utusan terbaiknya dari kabupaten tersebut.

Untuk melakukan penilaian terhadap kelompok peserta lomba KP-SPAM yang ada Provinsi Gorontalo. Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Provinsi Gorontalo yang merupakan salah satu tim penilai, melakukan penilaian ke salah satu KP-SPAM yang berada di desa Olibu’u Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo, Kamis (26/09/2019).

Kabid Cipta Karya Yuliana Rivai selaku ketua Provincial Project Management Unit (PPMU) Provinsi Gorontalo mengatakan, ada beberapa aspek yang menjadi penilaian khusus dalam lomba KP-SPAM tingkat provinsi yang kali kedua diadakan di Provinsi Gorontalo tersebut.

“Tujuan lomba ini untuk menilai sejauh mana kinerja dari KP-SPAM pada tiap kabupaten, kriterian penilaiannya ada beberapa aspek diantaranya : administrasi, peningkatan cakupan layanan, sarana dan prasarana,” tutur Yuliana di sela-sela penilaian.

Yuliana juga menjelaskan bahwa tujuan dari lomba tersebut adalah untuk memotivasi KP-SPAM yang ada di setiap desa-desa agar lebih meningkatkan pelayanan sanitasi dan air bersih untuk masyarakat. Contohnya seperti KP-SPAM yang belum 100 persen pelayanannya akan lebih termotivasi dengan adanya lomba ini.

Artikel Terkait  Pemprov Gorontalo Santuni Korban Ledakan Tabung Balon Gas

Kepala Bidang Cipta Karya itu berharap dengan adanya hadiah untuk juara pertama senilai 20 juta rupiah plus piala bergilir, juara kedua 15 juta dan juara ketiga bonusnya sebesar 10 juta rupiah itu, akan lebih menambah motivasi dalam pengelolaan dan pelayanan sanitasi air bersih kepada masyarakat.

“Dengan adanyan bonus puluhan juta rupiah yang nantinya akan kami berikan, bisa menambah motivasi serta dapat meningkatkan pengelolaan KP-SPAM dalam pelayanan sanitasi dan air bersih kepada masyarakat. Bahkan jika disetujui oleh pimpinan nanti, kami akan berikan hadiah utamanya umroh gratis untuk pemenang pertama,”tutupnya.

pewarta : ppid PUPR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini