Provinsi Gorontalo Dapat Kendaraan PCR Mobile dari Kemenkes

0
454
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (dua kiri) saat menerima Kepala BTKLPP Kelas I Manado, Suharto bertempat di Rumah Jabatan, Rabu (10/3/2021). Pemprov Gorontalo mendapatkan satu unit PCR Mobile untuk pemeriksaan swab covid-19. (Foto: Salman).

KOTA GORONTALO, Kominfo – Pemerintah Provinsi Gorontalo mendapat kendaraan Polymerase Chain Reaction (PCR) Mobile dari Kementrian Kesehatan RI melalui Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado. Hal itu diketahui saat Kepala Balai BKLPP Suharto audiensi dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di Rumah Dinas, Rabu (10/3/2021).

Gubernur Rusli atas nama pemerintah dan masyarakat Gorontalo menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementrian Kesehatan RI yang peduli terhadap daerah. Terlebih lagi, dari 10 unit PCR Mobile yang dialokasikan secara nasional, salah satunya untuk Gorontalo.

“Alhamdulillah harapan kami terjawab sudah, bahwa kita dapat hadiah PCR Mobile. Harganya Rp6,5 miliar dan sekarang mobilnya sudah berada di Manado, Sulawesi Utara. Saya mengucapkan terima kasih sekali kepada Kementrian Kesehatan khususnya Pak Suharto (Kepala BKLPP) yang sudah jauh-jauh ke sini,” kata Gubernur Rusli.

Rusli berharap bantuan ini bisa mempercepat dan mempermudah pemeriksaan swab covid-19 bagi warga. Terlebih, mobil ini bisa bergerak menjangkau daerah tertentu dengan pemeriksaan laboratorium di tempat.

“Harapan saya mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Jadi mobil ini bisa mengurangi beban BPOM (sebagai laboratorium PCR). Jadi kalau ada satu kelurahan yang terkonfirmasi positif, mobil ini bisa turunkan ke sana,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala BTKLPP Kelas I Manado Suharto menjelaskan, PCR Mobile memiliki keunggulan dalam hal kecepatan pemeriksaan swab PCR. Dalam waktu satu jam bisa memeriksa 96 sampel pasien.

Artikel Terkait  Subbid Penghubung Makassar Gelar Pelatihan Jurnalistik - Fotografi

“Kalau lab statis kita kan ambil sampel bawa ke lab. Nah ini sampelnya langsung diproses di tempat. Nanti tenaga di Gorontalo kita traning dan berikan semacam pendampingan,” jelasnya.

Pihaknya memprediksi bantuan kendaraan PCR Mobile tiba di Gorontalo akhir bulan Maret 2021. Saat ini kendaraan tersebut sedang di upgrade di Manado sebelum benar benar siap dikirim dan digunakan.

Pewarta: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini