PLTMH Bone Bolango Ditargetkan Beroperasi Tahun 2022

0
363
Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kedua kanan) meninjau pembangunan PLTMH di Desa Poduwoma, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (26/10/2021). (Foto : Haris)

KAB. BONE BOLANGO, Kominfotik – Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Bone Bolango ditargetkan akan mulai beroperasi tahun 2022. Hal itu dipastikan saat Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim meninjau pembangunan PLTMH di Desa Poduwoma, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (26/10/2021).

“Progres pembangunan PLTMH ini cukup baik dan sesuai laporan site manager, proyek ini akan selesai tahun depan. Mudah-mudahan awal tahun 2022 sudah bisa beroperasi,” ungkap Wagub Idris Rahim.

PLTMH dibangun dengan memanfaatkan arus Sungai Bone dengan kapasitas listrik yang dihasilkan sebesar 9,9 megawatt. Pembangkit digerakkan oleh dua turbin yang masing-masing memiliki kapasitas 4,5 megawatt. PLTMH memiliki panjangan bendungan 107 meter dengan ketinggian 26,5 meter.

Idris berharap, hadirnya PLTMH ini akan menunjang ketersediaan listrik di Gorontalo. Berdasarkan data Kementerian PPN/Bappenas pada tahun 2020, rasio elektrifikasi di Provinsi Gorontalo saat ini sudah mencapai 99,9 persen. Rasio tersebut lebih tinggi dari nasional sebesar 98,93 persen.

“Dengan beroperasinya PLTMH ini tentu akan menambah pasokan listrik di Gorontalo yang terus mengalami peningkatan. Nantinya jika sudah beroperasi, lokasi ini juga sangat cocok untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata,” ujar Idris.

Sementara itu Site Manager PLTMH, Indra menjelaskan, hingga September 2021 progres pembangunan PLTMH untuk konstruksi Engineering, Procurement and Construction (EPC) sudah mencapai 45 persen. Sedangkan untuk onshore dan offshore, masing-masing telah mencapai 40 persen dan 60 persen.

Artikel Terkait  FKPT Gorontalo Sowan ke Wagub Idris Rahim

“Kita pacu terus agar cepat selesai. Harapannya tahun depan, tapi kita tidak tahu diawal atau diakhir tahun,” pungkas Indra.

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini