Penyusunan Rencana Operasional Germas Libatkan Lintas Sektor

0
45
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo (tengah) saat memberikan sambutan pada Penyusunan Rencana Operasional Germas dengan Lintas Sektor, di Ballroom hotel Horison Nayumi, Minggu (22/12/2019). (foto: Nova-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Dalam rangka mengoptimalkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat, Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Kesehatan menyusun Rencana Operasional Germas dengan Lintas Sektor, di Ballroom hotel Horison Nayumi, Minggu (22/12/2019).

Penyusunan rencana operasional itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba dengan menghadirkan tiga narasumber yakni perwakilan Bapppeda Provinsi Gorontalo, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dan Dinas Kesehatan kabupaten/kota.

Sekda Darda pada kesempatan itu memberikan apresiasi atas penyusunan rencana operasional Germas yang melibatkan lintas sektor provinsi dan kabupaten/kota itu. Menurutnya, untuk mensukseskan Germas tidak bisa hanya mengandalkan sektor kesehatan saja.

“Peran OPD dan organisasi lainnya yang berada di Provinsi Gorontalo turut menentukan. Serta tidak kalah pentingnya juga peran masyarakat itu sendiri,” ujar sekda.

Selain itu, Sekda juga mengingatkan dalam penyusunan operasional sangat penting untuk mengetahui filosofi Germas yang telah dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan.

“saya berharap rencana operasional ini disusun dengan sebaik-baiknya. Usahakan terintegrasi rencana operasional ini dengan program yang sudah dijalankan pemerintah. Satu keinginan pemerintah agar masyarakat itu selalu berpikir positif dan hidup produktif untuk menuju hidup sehat,” tutup sekda.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole mengatakan, Pemprov Gorontalo mendapatkan predikat terbaik dalam pelaporan Germas tentunya tidak lepas dari dukungan lintas sektor dan lintas kabupaten/kota.

Artikel Terkait  Peringati Hari Guru, Sekdaprov Sampaikan Pesan Mendikbud

“Penyusunan operasional ini perlu diseriusi dengan dukungan lintas sektor sehingga apa yang diharapkan oleh pak sekda tadi untuk mencegah penyakit menular dan tidak menular akan semakin baik dengan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat,” pungkasnya.

Pewarta: Nova

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini