Peningkatan Ruas Jalan Tulo’a dan Utilitas Tiang Listrik Mulai Ditindaklanjuti

0
930
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat mengikuti rapat pembahasan peningkatan jalan menuju Desa Tulo’a dan relokasi utilitas tiang listrik untuk lokasi pembangunan bendungan Bulango Ulu bersama pihak – pihak terkait secara virtual di Vila Kencana Boalemo, Kamis (4/11/2021). (Foto: salman)

KAB. BOALEMO, Kominfotik – Peningkatan jalan menuju Desa Tulo’a dan relokasi utilitas tiang listrik untuk lokasi pembangunan bendungan Bulango Ulu mulai ditindaklanjuti. Hal tersebut dibahas oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, bersama pihak terkait dalam rapat pembahasan secara virtual di vila kencana Boalemo, kamis (4/11/2021).

Kepala Kantor (Kakan) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bone Bolango Jamaluddin menyampaikan, pengadaan tanah di Kabupaten Bone Bolango yang menjadi target penyelesaian untuk bendungan Bulango Ulu berjumlah 1.718 bidang. Dari progres tersebut, bidang tanah yang sudah dibayarkan berjumlah 105 bidang, bidang yang sudah divalidasi ketua panitia pengadaan tanah sebanyak 283, dan dedikasi dari tanah irigasi yang termasuk dalam tanah sengketa yang rencananya dikonsinyasi sebanyak 183 bidang.

“Kemudian yang berkas belum perlengkapannya,
saya berharap seluruh jajaran yang ada di
Bone Bolango untuk bisa dimaksimalkan
mecari perlengkapan validasi ini. Memang
pak gubernur, terkait validasi ini kami juga
minta dari BWS supaya ikut bersama – sama,
dan selama ini sudah terkoordinasi dengan
baik, mudah – mudahan bisa segera terpenuhi” ucap Jamaluddin.

Selanjutnya terdapat bidang tanah yang secara teknis perlu perbaikan data, terkait dengan bidang tanah yang ada di sertifikat maupun di lapangan terkini atau teraktif sebanyak 427 bidang.

Sementara untuk pemindahan tiang listrik Manager PLN Gorontalo Supriyadi menjelaskan,
rencananya akan dilaksanakan dalam waktu tiga minggu, dengan membangun terlebih dahulu jaringan yang bisa dipasang untuk dipindahkan menggunakan kabel MVTIC. Ia menambahkan pemindahan, pemadaman instalasi hanya pada saat pengerjaan saja dan akan diusahakan untuk tidak mengganggu aktivitas warga dalam menggunakan instalasi listrik.

Artikel Terkait  Perpres 11 Tahun 2017 tentang RTRK Perbatasan Negara Disosialisasikan

“Jadi tiga minggu ini konsepnya adalah kami membangun dulu jaringan yang mana bisa dipasang, untuk nanti dipindah lagi. Kemudian kita tarik dengan kabel MVTIC dulu, kita masih
memliki bekas kabel MVTIC kita akan gelar
dulu pak, agar supaya pelaksanaannya lebih
simpel dan bisa segera dilaksanakan,” jelas Supriyadi.

Menanggapi laporan – laporan yang diajukan, Gubernur Rusli sangat berterima kasih atas upaya dari masing – masing pihak. Ia menghimbau semua pihak dapat menyatukan langkah untuk memecahkan setiap masalah yang ada.

Rusli juga mengingatkan agar semua pelaksanaan dapat selesai sesuai target yang ditentukan. Khawatirnya anggaran akan direalokasikan kembali untuk penanganan Covid-19

“Saya rasa ini sudah cukup, semua sudah menjanjikan dengan turun lapangan, untuk pembebasan lahan saya mohon dari pemda Bone Bolango agar masyarakat sadar dan tidak terprovokasi karena pekerjaannya harus disegerakan tahun ini juga,” tutup Rusli.

Pewarta : Mila

Editor : Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini