Pemprov Pacu Penyiapan Lahan Pembangunan Secaba Gorontalo

0
358
Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (tengah) memimpin rakor pengadaan tanah pembangunan Secaba di aula rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Selasa (9/2/2021). (Foto : Haris)

KOTA GORONTALO, Kominfo – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo memacu penyiapan lahan untuk pembangunan Sekolah Calon Bintara (Secaba). Lahan pembangunan Secaba direncanakan berlokasi di Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo.

“Kita targetkan pembangunan Secaba akan dimulai pada Maret 2021. Oleh karena itu perlu langkah-langkah percepatan untuk penyiapan lahannya,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim saat memimpin rapat koordinasi pengadaan tanah Secaba di aula rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Selasa (9/2/2021).

Idris mengatakan, Pemprov Gorontalo menyiapkan lahan seluas 40 hektar untuk pembangunan Secaba di lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT. Tilata. Sejauh ini, pemilik HGU sudah menyepakati bahkan sangat mendukung rencana pembangunan Secaba yang berada tepat di belakang Kodim Kabupaten Gorontalo.

“Kita tinggal menunggu penyesuaian RTRW dan Renstra Pemkab Gorontalo yang diharapkan dalam minggu ini selesai,” ujar Wagub.

Dalam kesimpulan rapat itu Wagub Idris menekankan agar semua persyaratan dan dokumen pengadaan tanah baik itu studi kelayakan, analisis mengenai dampak lingkungan (amdal), serta penetapan lokasi tanah dibuatkan jadwal sesuai tata urutan dalam aturan perundangan-undangan yang berlaku. Wagub juga menegaskan pentingnya koordinasi dan sinergitas antara seluruh pihak terkait guna mempercepat proses pengadaan tanah agar pembangunan Secaba bisa segera dilaksanakan.

“Pekerjaan ini membutuhkan koordinasi dan sinergitas antara Pemprov dan Pemkab Gorontalo, Korem, Badan Pertanahan Nasional, serta pemilik HGU. Oleh karena itu jangan sesudah rapat ini kita hanya diam, semua harus melaksanakan tugasnya sesuai dengan tupoksinya masing-masing,” tegasnya.

Artikel Terkait  Wagub Gorontalo : Gelorakan Semangat Sumpah Pemuda Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Rakor dihadiri oleh Komandan Korem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, Sekda Provinsi Gorontalo Darda Daraba, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Gorontalo Asri Tuna, perwakilan BPN, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten Gorontalo, serta pemilik HGU. Rakor tersebut juga menjadwalkan pengukuran tanah di lokasi pembangunan Secaba yang akan dilakukan pekan ini.

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini