Pemprov Gorontalo Akan Gelar Pesta Rakyat Semarak HUT Kemerdekaan RI

0
181
Suasana rapat yang membahas persiapan Pesta Rakyat Semarak HUT ke-77 RI tingkat Provinsi Gorontalo di Bohulo Camp & Eat, Desa Dulamayo Selatan, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Senin (1/8/2022). (Foto : Haris)

KABUPATEN GORONTALO, Kominfotik – Pemerintah Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) akan menggelar Pesta Rakyat Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI. Persiapan pesta rakyat itu dibahas pada rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah terkait dengan Ketua Dekranasda Gorontalo, Gamaria Purnamawati Monoarfa, di Bohulo Camp & Eat, Desa Dulamayo Selatan, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Senin (1/8/2022).

Disepakati pada rapat itu tema besar yang akan diusung adalah Pesta Rakyat dengan sub tema Gebyar Semarak Merah Putih. Adapun jenis kegiatan yang akan diselenggarakan di antaranya fashion show, pameran produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) baik kriya maupun kuliner, serta pagelaran kesenian.

“Pesta rakyat ini untuk seluruh masyarakat Gorontalo. Masyarakat tidak hanya menjadi penonton, tetapi merekalah yang kita dorong untuk menyemarakkan HUT RI. Pemerintah dan Dekranasda hanya fasilitator saja,” ungkap Gamaria.

Istri Penjabat Gubernur Gorontalo ini mencontohkan untuk kegiatan fashion show, akan dibuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat umum khususnya generasi milenial untuk menampilkan karya desainnya. Demikian pula halnya untuk pameran produk UMKM, diharapkan pesta rakyat ini menjadi ajang promosi untuk mendorong kemajuan UMKM Gorontalo.

“Harapannya melalui pesta rakyat ini para generasi milenial Gorontalo bisa mengaktualisasikan ide-ide kreatifnya melalui desain busana yang trendi, sekaligus bisa menjadi ajang yang mampu menggerakkan roda perekonomian daerah,” ujarnya.

Artikel Terkait  Ketua TPKK Idah Syahidah Lantik Ketua TPKK Bonebolango

Pada rapat itu disepakati pula lokasi pelaksanaan pesta rakyat akan dipusatkan di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo. Namun untuk waktu pelaksanaan masih akan dibahas dan ditetapkan pada rapat pemantapan selanjutnya.

Hadir pada rapat tersebut Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, Risjon Sunge, Kepala Dinas Pariwisata, Rifli Katili, dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Masran Rauf. Hadir pula perwakilan dari Bank Indonesia Gorontalo, serta sejumlah perancang busana lokal Gorontalo.

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini