Mensos Risma Disambut Adat Mopotilolo di Gorontalo

0
2401
Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim (kanan) bersama anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie (tengah) saat menyambut kedatangan Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini (kiri). Kedatangannya di Bumi Serambi Madinah disambut dengan adat Mopotilolo di terminal lama Bandara Djalaludin Gorontalo, Rabu (29/9/2021).

KABUPATEN GORONTALO, Kominfotik – Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma, berkunjung ke Provinsi Gorontalo. Kedatangannya di Bumi Serambi Madinah disambut dengan adat Mopotilolo di terminal lama Bandara Djalaludin Gorontalo, Rabu (29/9/2021).

Mopotilolo merupakan upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negara yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di Gorontalo. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Mantan Wali Kota Surabaya itu tiba di Gorontalo sekitar pukul 18.18 Wita dengan pesawat Lion Air. Rombongan disambut oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie, unsur Forkopimda, serta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah.

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Setibanya di ruangan VIP,  prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional.

Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Mensos RI bersama rombongan selama berada di Gorontalo.

Kunjungan kerja Risma di Gorontalo dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama, Mensos akan menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir di Kelurahan Kayu Bulan, Kecamatan Limboto, dan di Desa Buhu, Kecamatan Talaga Jaya, Kabupaten Gorontalo. Pada hari kedua, Kamis (30/9/2021), Mensos diagendakan untuk menghadiri kegiatan pemadanan data PKH, BST, dan BPNT, serta menyerahkan bantuan Atensi, graduasi PKH, kewirausahaan, dan Atensi anak yatim/piatu.

Artikel Terkait  4 Program Unggulan Pemprov Sangat Bermanfaat untuk Masyarakat

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini