MAN 1 Pohuwato Gandeng Diskominfotik Gorontalo Gelar Pelatihan Jurnalistik

0
141
Kepala Seksi Pengelolaan dan Pelayanan Infomasi Diskominfotik Provinsi Gorontalo, Ismail Sam Giu (kedua kanan), berbincang dengan Kepala MAN 1 Pohuwato pada pembukaan pelatihan jurnalistik di aula Asrama Terpadu MAN 1 Pohuwato, Senin (22/3/2021). (Foto : Haris)

KABUPATEN POHUWATO, Kominfo – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pohuwato menggelar kegiatan pelatihan Jurnalistik, Senin (22/3/2021). Pelatihan menghadirkan narasumber dari Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo dan Pemimpin Redaksi Media Cetak Gorontalo Post.

Kepala MAN 1 Pohuwato Tanti Taha Maya dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu mengatakan, pelatihan jurnalistik sangat penting dan merupakan strategi untuk memperkuat kinerja humas madrasah sekaligus mengasah kemampuan siswa pada bidang jurnalistik. Tanti menuturkan, melalui pelatihan tersebut diharapkan pengelolaan kehumasan madrasah semakin profesional dibarengi dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam menulis dan menyajikan berita dan foto tentang berbagai program yang dilaksanakan di MAN 1 Pohuwato.

“Kami ini jauh dari pusat kota. Kami ingin madrasah ini bisa dikenal orang di luar sana, oleh karena itu kinerja humas madrasah perlu ditingkatkan agar bisa mempublikasikan program-program pendidikan yang dilaksanakan di MAN 1 Pohuwato,” kata Tanti.

Pelatihan jurnalistik di MAN 1 Pohuwato mengangkat tema “Bersinergi Membangun Jurnalisme Kehumasan Madrasah”. Pelatihan yang berlangsung sehari diikuti oleh siswa utusan dari organisasi kesiswaan seperti Karya Ilmiah Remaja (KIR), Islamic Economic Student (IES), dan Organisasi Peserta Didik Intra Madrasah (OPDIM), serta para guru.

Pelatihan diawali dengan paparan materi tentang Dasar-Dasar Jurnalistik yang disampaikan oleh Pemimpin Redaksi Gorontalo Post, Jitro Paputungan, yang dilanjutkan dengan materi Dasar-Dasar Fotografi oleh Redaktur Foto Informasi Publik Media Center Provinsi Gorontalo. Pada materi terakhir tentang Kiat Menyusun Berita yang dibawakan oleh Kepala Seksi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Diskominfotik Provinsi Gorontalo, Ismail Sam Giu, para peserta dilatih untuk menulis berita sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan benar.

Artikel Terkait  Anggota DPRD Gorontalo Dukung Tim Terpadu Pemberantasan Miras

“Setelah mengikuti pelatihan ini kami berharap para siswa dan guru MAN 1 Pohuwato tidak hanya mampu meningkatkan kinerja kehumasan madrasah, tetapi juga bisa berkontribusi untuk pemberitaan dan foto Informasi Publik. Berita dan foto bisa dikirim ke Media Center Provinsi Gorontalo, kemudian akan kami teruskan ke Portal Informasi Publik Kementerian Kominfo,” harap Ismail.

Pewarta : Haris/Mila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini