Lima Komite Calon DOB di Gorontalo Bentuk Presidium Bersama

0
726
Pertemuan lima komite pembentukan calon DOB di Provinsi Gorontalo yang berlangsung di kediaman pribadi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di Kelurahan Moodu, Kota Gorontalo, Sabtu (17/7/2021). Lima komite bersepakat menunjuk Rusli Habibie sebagai koordinator sementara penanggungjawab diserahkan kepada Gubernur Gorontalo dan Ketua DPRD secara ex officio. (Foto: Salman).

KOTA GORONTALO, Kominfo – Lima komite calon Daerah Otonom Baru (DOB) di Provinsi Gorontalo sepakat membentuk presidium bersama bertempat di kediaman pribadi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Sabtu (17/7/2021). Lima DOB dimaksud yakni Kabupaten Boliyohuto, Panipi, Gorontalo Barat, Bone Pesisir dan Kota Telaga.

Rusli Habibie ditunjuk menjadi kooordinator Presidium Percepatan Pemekaran DOB Kabupaten Kota di Provinsi Gorontalo. Sebagai penanggungjawab presidium dipercayakan kepada Gubernur Gorontalo dan Ketua DPRD provinsi secara ex officio.

“Ini sebagai aspirasi rakyat yang kita seriusi dan kita badani. Presidium ini dibentuk karena rentang kendali (antara daerah dan Jakarta) yang cukup jauh,” jelas Gubernur Rusli usai pertemuan.

Lebih lanjut kata gubernur dua periode itu, pembentukan presidium bersama untuk menyatukan visi dan perjuangan ke pemerintah pusat. Pihaknya berharap kesolidan semua komite bisa mempercepat terwujudnya lima DOB baru di Gorontalo.

“Kita siapkan satu sekretariat di Badan Penghubung Jakarta dan di Gorontalo juga satu. Ibu Idah juga tadi menawarkan rumah dinas DPR RI untuk digunakan oleh teman teman yang berjuang di Jakarta,” imbuhnya.

Langkah berikutnya yang cukup strategis yakni mengundang ketua dan anggota komisi II DPR RI untuk datang ke Gorontalo. Mereka diminta untuk melihat langsung usulan lima DOB yang diajukan.

Perjuangan untuk DOB di Gorontalo sebenarnya bukan hal baru. Tiga daerah yakni Boliyohuto, Panipi dan Gorontalo Barat nyaris saja diresmikan namun terhenti karena moratorium DOB tahun 2014. Belakangan muncul aspirasi untuk pemekaran Kota Telaga dan Kabupaten Bone Pesisir.

Artikel Terkait  Sebanyak 29.396 UMKM Gorontalo Tumbang Selama Pandemi Covid-19

Terkait dengan pendanaan, Gubernur Rusli berjanji akan membantu melalui APBD-P tahun 2021. Begitu juga untuk tahun 2022. Ia berharap siapapun gubernur penggantinya, tujuan pembentukan DOB bisa dilanjutkan.

Beberapa komite pembentukan yang hadir diantaranya Sun Biki selaku Ketua Komite Boliyohuto, Weni Liputo Ketua Presidium Kota Telaga, Ridwan Tohopi Ketua Komite Bone Pesisir. Komite Panipi dan Gobar direpresentasikan masing-masing oleh wakil dan sekretaris.

Pewarta: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini