WEBSITE RESMI

PEMERINTAH PROVINSI GORONTALO

Kepala Perwakilan BI Gorontalo Dikukuhkan

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan), menyerahkan cenderamata kepada Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman, di Kantor Perwakilan BI Gorontalo, Rabu (20/4/2022). (Foto : Haris)

KOTA GORONTALO, Kominfotik – Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo, Ronny Widijarto Purubaskoro, dikukuhkan oleh Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman, di Kantor Perwakilan BI Gorontalo, Rabu (20/4/2022). Pengukuhan dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, bupati dan wali kota, pimpinan perbankan, dan tamu undangan lainnya.

“Prosesi pengukuhan ini adalah tindak lanjut dari agenda pelantikan dan serah terima jabatan yang sudah dilakukan pada 18 Januari 2022 oleh Gubernur BI kepada 39 pejabat BI baik di kantor pusat, perwakilan, maupun di luar negeri,” ungkap Aida dalam sambutannya.

Aida menjelaskan, ada dua hal yang mendasari pergantian pimpinan di lingkungan BI. Pertama, mengantisipasi dinamika dari lingkungan strategis yang terus berubah mulai dari global, nasional, dan daerah. Kedua, pergantian pimpinan merupakan bagian dari reformasi BI untuk mencapai visi menjadi Bank Sentral yang berkontribusi nyata kepada perekonomian nasional menuju Indonesia Maju.

Sementara itu Wagub Idris Rahim mengatakan, jabatan sebagai Kepala Perwakilan BI merupakan amanah yang harus dijawab dengan kerja keras. Idris menuturkan, BI merupakan mitra strategis Pemprov Gorontalo dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengendalikan inflasi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Idris mengungkapkan, sinergi dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan BI Gorontalo telah berhasil menorehkan berbagai prestasi. BI Gorontalo telah mampu mendorong sektor UMKM dan pariwisata, pertanian, serta pengendalian inflasi yang ditandai dengan keberhasilan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Gorontalo, Kota Gorontalo, dan Kabupaten Bone Bolango menjadi TPID Terbaik Regional Sulawesi pada tahun 2021.

“Kami berharap Kepala Perwakilan BI Gorontalo yang baru bapak Ronny Widijarto Purubaskoro untuk terus bersinergi dan berkolaborasi mendorong perekonomian Gorontalo yang semakin pulih di mana pada Triwulan IV 2021 tumbuh sebesar 5,26 persen dengan tingkat inflasi pada Maret 2022 sebesar 1,78 persen atau lebih rendah dari capaian nasional sebesar 2,64 persen,” tandas Wagub Idris.

Prosesi adat Mopotilolo menyambut kedatangan Deputi Gubernur BI Aida S. Budiman di Kantor Perwakilan BI Gorontalo, Rabu (20/4/2022). (Foto : Haris)

Sebelum upacara pengukuhan Kepala Perwakilan BI Gorontalo, dilaksanakan upacara adat Mopotilolo menyambut Deputi Gubernur BI Aida S. Budiman. Mopotilolo merupakan penyambutan adat bagi pejabat negara yang untuk pertama kalinya berkunjung ke Gorontalo.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest