WEBSITE RESMI

PEMERINTAH PROVINSI GORONTALO

Kemkominfo Gelar Bimtek Foto Jurnalistik Media Center Daerah

Direktur Pengelolaan Media, Ditjen IKP, Kemkominfo, Nursodik Gunarjo (kiri), memberikan sambutan pada pembukaan Bimtek Foto Jurnalistik bagi Media Center Daerah di Hotel Swiss Belinn Malang, Jawa Timur, Kamis (11/8/2022). (Foto : Haris)

KOTA MALANG, Kominfotik – Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Foto Jurnalistik. Bimtek edisi Jarkom Media Center Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan tema Trik Cantik Foto Jurnalistik berlangsung di Hotel Swiss Belinn Malang, Jawa Timur, Kamis (11/8/2020).

Bimtek dibuka oleh Direktur Pengelolaan Media, Ditjen IKP, Kemkominfo RI, Nursodik Gunarjo. Dalam sambutannya Nursodik menekankan pentingnya foto jurnalistik yang menarik dalam komunikasi publik.

“Kalau hanya memotret, semua orang bisa. Tapi kalau potretnya itu sudah ada embel-embel foto jurnalistik, tentu saja akan berbeda. Foto itu harusnya seperti pepatah satu gambar bisa menceritakan seribu peristiwa,” kata Nursodik.

Nursodik menuturkan, di era teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang pesat saat ini, foto mengambil peran yang sangat penting. Foto tidak lagi hanya menjadi pelengkap dari sebuah rilis atau berita, tetapi foto bisa memberikan informasi, meyakinkan, dan sekaligus menghibur.

“Dulu sebelum ada media sosial seperti instagram, foto itu cuma pelengkap penderita. Sekarang hanya dengan melihat foto, orang tahu bahwa kejadiannya seperti ini. Orang bisa memaknai foto dengan caranya sendiri, itulah asyiknya foto,” ujarnya.

Oleh karena itu melalui bimtek foto jurnalistik tersebut, Direktur Pengelolaan Media Kemkominfo berharap seluruh fotografer Media Center daerah mampu meningkatkan keterampilan dan kemampuannya dalam menghasilkan foto jurnalistik yang menarik dan berkualitas. Menurutnya, komunikasi publik yang diselenggarakan untuk urusan-urusan pemerintahan harus disajikan secara menarik.

Bimtek Foto Jurnalistik diikuti oleh 36 peserta secara luring, dua di antaranya utusan Media Center Provinsi Gorontalo, serta 130 peserta secara daring. Narasumber pada bimtek itu masing-masing Redaktur Foto Portal InfoPublik, Agus Setia Budiawan, dan Pewarta Foto Surat Kabar Kompas, Bahana Patria Gupta.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest