Kaleidoskop Januari: Pembinaan PNS dan Mutasi Jabatan di Awal Tahun

0
855
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat memberikan arahan pada Apel ASN awal tahun 2020 bertempat di Rujab Gubernur. Gubernur Rusli menekankan tentang disiplin aparatur. (Foto: dok. Humas).

Di Penghujung tahun 2020 ini kami menghadirkan kaleidoskop kegiatan pimpinan selama satu tahun terakhir. Kaleidoskop disajikan dengan merangkum kegiatan menonjol setiap bulannya.

Ada ratusan berita yang disajikan setiap bulannya mulai dari kegiatan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Wakil Gubernur Idris Rahim, Sekretaris Daerah Darda Daraba hingga ketua TPP PKK Idah Syahidah. Kami memilih beberapa di antaranya untuk melihat kembali rekam jejak yang telah dilakukan setahun terakhir.
Selamat membaca.

2 Januari 2020
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba memimpin apel perdana awal tahun di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda). Darda mengingatkan pentingnya inovasi kerja di awal tahun 2020. Berbagai capaian dan prestasi yang diraih tahun sebelumnya hendaknya dipertahankan dan ditingkatkan tahun ini.

5 Januari 2020
Pemprov Gorontalo menggelar du’a lo ulipu atau doa keselamatan negeri bertempat di Rujab Gubernur. Doa yang dipimpin Imam Besar Masjid Baiturrahim KH Abd. Rasyid Kamaru itu diikuti oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Wakil Gubernur Idris Rahim serta pimpinan OPD.

Du’a lo ulipu digelar untuk meminta keselamatan dan dijauhkan dari musibah dan bayah. Musim penghujan awal tahun membuat sejumlah daerah di Gorontalo terendam banjir dan longsor. Doa juga sebagai rasa syukur kembalinya Gubernur Rusli, isteri dan keluarga dari ibadah umroh.

6 Januari 2020
Apel perdana ASN di lingkup Pemprov Gorontalo yang dipimpin oleh Gubernur Rusli Habibie. Pada kesempatan tersebut, Rusli menekankan tentang disiplin aparatur. Ia merasa malu, di akhir tahun 2019 ada pegawainya yang tertangkap karena narkoba.

Artikel Terkait  Gubernur Tinjau Taman Keren Kota Gorontalo

“Sudah berulang kali sebagai pimpinan, sebagai keluarga, sebagai teman saya ingatkan terus. Ini tahun 2020, pak Kaban (BKD) ada yang ketahuan merokok, narkoba, main judi dan lain lain agar ditindak tegas. Ketahuan dan cukup bukti maka berhentikan atau turunkan pangkat. Sudah cukup delapan tahun hanya peringati-peringati,” ucap Rusli ketika itu.

9 Januari 2020
Untuk pertama kalinya di tahun 2020, Gubernur Rusli mewacanakan mutasi dan promosi jabatan bagi aparaturnya. Ia menyebut hal itu dilakukan sebagai upaya “cuci gudang” untuk memastikan pejabat yang diberi amanah sebagai orang yang berkinerja, sesuai kompetensi dan bebas dari masalah.

Gubernur Rusli belum merinci kapan pelantikan akan digelar. Ia hanya menyebut kajian Tim Penilai Kinerja (TPK/dulu Baperjakat) sudah hampir rampung 100 persen. Ia hanya menyebut pelantikan akan dilakukan di semua level mulai dari jabatan pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas, kepala sekolah SMA/SMK/SLB dan pejabat fungsional.

14 Januari 2020
Sebanyak 195 pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo dilantik dan diambil sumpahnya oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bertempat di gedung Belle li Mbui. Rinciannya, 10 orang Pejabat Tinggi Pratama (eselon II), 38 orang Pejabat Administrator (eselon III), 85 orang Pejabat Pengawas (eselon IV). Ada juga Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB sebanyak 62 orang.

20 Januari 2020
Pemprov Gorontalo menggelar kirab bendera pusaka memperingati hari patriotik 23 Januari 1942. Puluhan pemuda membawa bendera pusaka keliling di enam kabupaten dan kota.

Artikel Terkait  Musyawarah Provinsi Tetapkan Kepengurusan PSTI Gorontalo

Kirab Bendera Merah Putih dimulai dari Kabupaten Pohuwato, berlanjut ke Boalemo, Gorontalo Utara, Kabupaten Gorontalo, Kota Gorontalo dan berakhir di Kabupaten Bone Bolango pada 23 Januari 2020.

23 Januari 2020
Peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942 ditandai dengan upacara bendera. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bertindak sebagai Inspektur upacara yang digelar di Lapangan Likada, Kabila, Bone Bolango.

Peringatan kemerdekaan Gorontalo dari penjajah itu juga diisi dengan napak tilas perjuangan Nani Wartabone, kirab bendera pusaka serta ziarah ke taman makam pahlawan nasional Nani Wartabone. Taman makam tersebut juga telah direnovasi dan diresmikan oleh Wakil Gubernur Idris Rahim.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim dalam arahannya mengatakan, nominal yang digelontorkan untuk merenovasi makan tersebut tidak setara dengan seluruh perjuangan yang telah dilakukan oleh Nani Wartabone. Ia menyebut, bantuan renovasi ini sebagai bentuk penghargaan pemprov atas usaha dan perjuangan Nani Wartabone dalam memerdekakan bangsa Indonesia.

Peringatan hari Patriotik 23 Januari juga ditandai dengan pembentangan bendera merah putih sepanjang 2301 meter dengan lebar 3 meter. Pembentangan yang diinisiasi oleh KNPI Provinsi Gorontalo itu berhasil masuk rekor MURI yang menghabiskan 102 gulungan kain, delapan lusing gulungan benang yang dijahit oleh delapan pekerja.

28 Januari 2020
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menemui Wakil Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf) Angela Tanoesoedibjo di Jakarta guna membahas persiapan pelaksanaan Jelajah Wisata Sulawesi. Acara touring otomotif dari Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Utara itu masuk sebagai Calender of Event Pesona Pariwisata Gorontalo tahun 2020.

Artikel Terkait  Gubernur Rusli Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak 2020

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini