Jawab Masalah Ketenagakerjaan, Kadin Gorontalo Gelar Sharing dan Diskusi

0
82
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba saat menghadiri Sharing dan Diskusi Vokasi dengan tema “Praktek Kerja/Pemagangan Berkualitas Menguntungkan Perusahaan dan Pendidikan dengan Pelatih Tempat Kerja Berstandar Internasional” bertempat di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Selasa (9/8/2022). (Foto : Mila)

Kota Gorontalo, Kominfotik – Dalam upaya menjawab permasalahan ketenagakerjaan khususnya di Gorontalo, Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Gorontalo menggelar Sharing dan Diskusi Vokasi. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba bertempat di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Selasa (9/8/2022).

Dengan tema “Praktek Kerja/Pemagangan Berkualitas Menguntungkan Perusahaan dan Pendidikan dengan Pelatih Tempat Kerja Berstandar Internasional”, sharing dan diskusi ini merupakan salah satu program KADIN Provinsi Gorontalo, khususnya di bidang pendidikan dalam rangka antisipasi globalisasi industri di Provinsi Gorontalo.

Sekdaprov Darda dalam sambutannya menjelaskan permasalahan ketenagakerjaan adalah salah satu isu strategis yang saat ini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Hal ini dengan melihat rendahnya tingkat Pendidikan tenaga kerja di Gorontalo yang ditunjukan melalui data statistik mencapai 59,92%.

“Fakta menyatakan bahwa menurut data statistik, tenaga kerja di Gorontalo 59,92% tingkat pendidikannya SLTP ke bawah. Hal ini menyebabkan tingkat produktivitas dan daya saing tenaga kerja kita sangat rendah,” jelas Darda.

Menurut Darda, pemagangan ini merupakan salah satu instrumen dalam membentuk karakter dan daya saing tenaga kerja sehingga nantinya bisa memenuhi kebutuhan pasar kerja.

Untuk itu, ia berharap KADIN Gorontalo akan sama – sama bersinergi dan saling mendukung sebagai mitra strategis pemerintah dalam upaya menjawab permasalahan ketenagakerjaan ini.

“Pada kesempatan ini saya juga mengapresiasi kerja sama yang dilakukan antara KADIN Gorontalo dan Kadin Jawa Timur serta dukungan dari IHK Trier Jerman dalam program pengembangan dan Pendidikan vokasi,” ungkap Darda.

Artikel Terkait  Gubernur : Pengembangan Produk Limbah Organik Jangan Sebatas Pameran

Pewarta : Mila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini