Infrastruktur Gorontalo Semakin Baik Tahun 2019

0
295
Salah satu pembangunan infrastuktur Gorontalo yang sedang di genjot oleh Pemprov Gorontalo yakni ruas jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR). (Foto: dok. humas).

Keberhasilan pembangunan dan ekonomi suatu daerah sangat dipengaruhi oleh kemajuan pembangunan infrastrukturnya. Hal tersebut tentu berlaku pula di Provinsi Gorontalo. Pembangunan infrastruktur Gorontalo di era kepemimpinan Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim mengalami kenaikan sangat signifikan jika dibandingkan tujuh tahun sebelumnya.

Berikut kami hadirkan capaian program sektor infrastruktur dalam segmen Refleksi Akhir Tahun 2019. Selamat Membaca.

KOTA GORONTALO, Humas – Pembangunan infrastruktur Gorontalo di era kepemimpinan Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim jilid dua dinilai tepat dan semakin baik di tahun 2019 ini. Hal tersebut dilihat dari pertumbuhan pembangunan infrastruktur yang mengalami kenaikan sangat drastis dari tahun sebelumnya.

Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo, pada tahun 2019 pemerintah telah membangunan serta meningkatkan ruas jalan Provinsi sepanjang 467,17 KM dengan prediksi kemantapannya naik menjadi 59,20 persen dari tahun sebelumnya hanya 47,64 persen. Sementara untuk ruas jalan provinsi yang di pelihara secara berkala sepanjang 16,077 KM dan ruas jalan yang dipelihara secara rutin sepanjang 259.04 KM.

Bukan hanya pembangunan dan peningkatan jalan saja, Dinas PUPR juga membangun serta memperbaiki jembatan. Sejauh ini pembangunan jembatan yang dibangun sepanjang 1774,95 M. Untuk jembatan yang ada pada ruas jalan provinsi yang pelihara secara rutin sekitar 300 M.

“ Tahun 2019 ini ruas jalan provinsi yang kami bangun serta ditingkatkan sepanjang 467,17 KM dan kemantapannya diprediksi naik sebesar 11,56 persen. Karena PUPR memang tidak hanya fokus pada pembangunan tetapi juga meliputi pemeliharan secara berkala dan pemeliharaan secara rutin. ” kata Handoyo Sugiharto selaku Kepala Dinas PUPR, Sabtu, (28/12/2019)

Artikel Terkait  Bahaya AIDS Terus Disosialisasikan

Lebih lanjut Handoyo menambahkan untuk tahun depan Dinas PUPR Provinsi Gorontalo akan segera merampungkan sisa pekerjaan pembangunan Program Strategis Nasional (PSN), yang diataranya untuk  kelanjutan pembangunan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) dan pembangunan Bendungan Bulango Ulu (BBU).

“Memang pelaksanaan pembangunan GORR memakan waktu yang cukup lama, namun saat ini sudah 31 KM yang terbangun dan masih ada tiga kilomter lagi yang perlu dilengkapi pada tahun depan. Untuk pembangunan Bendungan Bulango Ulu, tahun depan ini akan menuju kepembebasan lahan yang akan dilaksanakan oleh kanwil BPN” tambahnya

Dengan keterbatasan anggaran, Dinas PUPR bukan hanya melakukan peningkatan pembangunan jalan dan jembatan pada ruas jalan provinsi, akan tetapi juga ikut mendorong serta mensukseskan beberapa program unggulan Pemerintah Provinsi lainnya, diantara pada sektor pertanian, perikananan dan parawisata.

“Dinas PUPR Provinsi Gorontalo juga mendukung pembangunan infrastruktur yang akan membuka sentra-sentra pertanian, perikanan dan juga obyek-obyek parawisata. Dengan demikian kita dapat membantu kabupaten dan kota dalam rangka mengembangkan parawisata dan mumbuka kontong-kantong pertanian” tutur Handoyo

Untuk sektor pertanian pada tahun 2019, Dinas PUPR Provinsi Gorontalo telah membangunan jalan akses pertanian sepanjang 20 KM yang berada di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo dan juga merehabilitasi dan meningkatkan saluran irigasi pertaninan sepanjang 1.798 M serta telah merefitalisasi danau seluas 7,5 hektar.

Artikel Terkait  Idah Lantik Pengurus Dekranasda Dan Pengurus P2TP2A Kabupaten Pohuwato

Begitupula pada sektor perikanan, yaitu dengan membangun jalan sentra perikanan atau akses nelayan sepanjang 483 meter dan membangun tanggul pengaman pantai di pemukiman masyarakat sepanjang 190 meter di beberapa Kabupaten di Provinsi Gorontalo

“Pembangunan infrastruktur yang lebih merata hingga kepelososk-pelosok merupakan tujuan dari Pak Gubernur dan Wagub, agar seluruh masyarakat baik itu petani maupun nelayan dapat merasakan secara langsung apa yang menjadi program dari pemerintah saat ini” tuturnya

Tak hanya itu, Dinas PUPR juga turut berpartisipasi pada program di sektor parawisata dengan branding “pariwisata lebih mendunia. PUPR telah membangun infrastruktur jalan akses parawisata sepanjang 1377 meter, yang berada di beberapa tempat wisata se Provinsi Gorontalo.

“Disini kita telah melihat bahwa pembangunan infrastruktur pada pemerintahan Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pembuktian keberhasilan delapan program unggulan yang digagas oleh NKRI jilid II nyata adanya,” tutupnya.

Pewarta: PPID PUPR
Editor: Echin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini