>
Kamis, 19 September 2019 19:42

Wantimpres Kunjungi Kantor BPBD Provinsi Gorontalo

Oleh
Beri rating
(0 suara)

 

GORONTALO – Tim Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang dipimpin oleh Letjend TNI (Purn) Yusuf Kartanegara melakukan kunjungan kerja ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo.

Kunjungan rombongan yang dilakukan pada Kamis (19/9/2019) ini diterima oleh Sumarwoto, Kepala (BPBD) Provinsi Gorontalo.

“Tugas dan fungsi BPBD dalam penanggulangan bencana yang mulai dari fase prabencana yang menekankan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan, kemudian fase kedua penanganan darurat dan fase ketiga melakukan layanan rehabilitasi dan rekonstruksi,” kata Sumarwoto.

Sumarwoto juga melaporkan sumberdaya yang dimiliki baik SDM, peralatan, logistik dan anggaran. Juga dijelaskan jenis bencana yang sering terjadi di Gorontalo.

Ketua Tim Wantimpres, Letjend TNI Yusuf Kartanegara menjelaskan tugas Wantimpres adalah diminta atau tidak untuk memberi pertimbangan kepada presiden terkait masalah ekonomi, Hankam dan permasalahan pembangunan pada umumnya.

“Wantimpres turun ke OPD yang terkait dan saat ini BPBD yang menjadi sasaran kunjungan kerja, dengan tujuan mendapatkan masukan permasalahan yang terkait dengan upaya pencegahan, mitigasi dan penanganan darurat serta pemulihan dan hubungan kerja koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),” kata Letjend TNI Yusuf Kartanegara.

Sumarwoto menjelaskan bahwa kordinasi dengan BNPB selama ini tidak ada masalah, kendala utama adalah minimnya anggaran.

“Kami mengusulkan agar BNPB memprogramkan dana Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk kegiatan mitigasi pencegahan bencana,” ujar Sumarwoto.

Dalam kunjungan ini kedua instansi ini saling menyerahkan cenderamata dari Wantimpres ke BPBD dan sebaliknya dari BPBD untuk Wantimpres.

 

Pewarta : iswandi Jusuf - BPBD

Baca 149 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo