Print this page
Kamis, 12 September 2019 18:16

Rusli Habibie Ikuti Proses Pemakaman BJ Habibie

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Presiden RI ke-3 BJ Habibie (kanan) mengambil foto Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat berkunjung ke Rumah Jabatan Gubernur, 1 Maret 2014 lalu. Itu menjadi kunjungan terakhir BJ Habibie di tanah kelahiran ayahnya almarhum Alwi Abdul Jalil Habibie. (Foto: Dok. Humas). Presiden RI ke-3 BJ Habibie (kanan) mengambil foto Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat berkunjung ke Rumah Jabatan Gubernur, 1 Maret 2014 lalu. Itu menjadi kunjungan terakhir BJ Habibie di tanah kelahiran ayahnya almarhum Alwi Abdul Jalil Habibie. (Foto: Dok. Humas).

JAKARTA  – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengikuti proses pemakaman Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Pemakaman secara kenegaraan itu dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo.

Sebagai kerabat dekat, Rusli Habibie yang mengenakan koko berwarna putih dan upia karanji (songkok khas Gorontalo) berkesempatan menaruh bunga di pusara pamannya itu. Ia ikut berdoa serta memberikan penghormatan terakhir pada almarhum BJ Habibie.

“Sejak pagi saya sudah di rumah duka di Patra Kuningan. Tadi juga sempat menyambut pak Presiden Jokowi bersama ibu serta sejumlah tamu-tamu yang hadir memberikan ucapan bela sungkawa,” jelas Rusli Habibie usai prosesi pemakaman.

Bagi Gubernur Gorontalo dua periode itu, sosok BJ Habibie bukan sekedar tokoh bangsa. Lebih daripada itu, ia sudah dianggap sebagai sosok ayah yang pernah mengasuh dan membesarkannya saat muda dulu.

“Almarhum sudah saya anggap sebagai ayah saya sendiri. Belasan tahun saya tinggal di rumah beliau di Bandung Jawa Barat. Pernah bekerja bersama di IPTN dan menjadi inspirasi saya saat menjabat Bupati dan sekarang sebagai Gubernur,” imbuhnya.

Saat BJ Habibie dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Rusli didampingi istrinya Idah Syahidah sempat membesuk. Sayangnya, saat Bapak Demokrasi itu wafat Rusli tidak berada di samping karena sedang mengikuti konfrensi pers bersama Direktur Utama BPJS Fachmi Idris terkait rencana penyesuaian iuran BPJS tahun 2020 nanti.

 

Pewarta: Isam - Humas

Baca 370 kali