>
Jumat, 21 Jun 2019 16:25

Rakor BP2BT Bahas Cara Masyarakat Berpenghasilan Rendah memiliki Rumah

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO –  Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi (Rakor) Program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

Rapat ini digelar bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antara pemangku kepentingan dalam penyusunan strategi pelaksanaan BP2BT di lokasi sasaran projek.

Selain itu rakor dimaksudkan untuk lebih membuka akses informasi program BP2BT. Program ini sudah diperkenalkan sejak tahun 2018 oleh kementerian Pekerjaan Umum melalui Dana Dekon, dengan melakukan pendataan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang belum mempunyai rumah melalui aplikasi RUMI atau Rumah Indonesia.

“Masih banyak Masyarakt Provinsi Gorontalo yang tergolong MBR belum mempunyai rumah, misalnya Aparat Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan masyarakat lainnya yang mempunyai penghasilan tidak tetap,” kata Aries Ardianto, Kepala Dinas PRKP saat membuka rapat koordinasi, Rabu (19/6/2019).

Program BP2BT merupakan satu bentuk bantuan Pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang mempunyai tabungan dalam rangka perolehan rumah melalui kredit atau pembiayaan dari bank pelaksana.

“Bank Pelaksana yang telah melakukan kerjasama dengan Kementerian PUPR adalah Bank BTN, BRI, Artha Graha, dan Bank Jateng,” ujar Aries Ardianto.

Tahun ini Program BP2BT di Gorontalo dapat terealisasikan. Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas PRKP terus berupaya menyebarluaskan  informasi, dukungan pemerintah kabupaten dan kota, identifikasi dan pendataan calon penerima manfaat, merekomendasikan tenaga fasilitator dan pemantauan program.

“Dibutuhkan kerja sama berbagai pihak yang terkait sangat dibutuhkan untuk suksesnya program BP2BT ini,” kata Iqbal Hasan, Kepala Bidang Perumahan yang menjadi moderator pada rakor ini.

Rakor yang diikuti 50 orang peserta yang berasal dari Dinas Perumahan Rakyat Provinsi Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Bone Bolango, Bapppeda Provinsi Gorontalo, Dinas PTSP dari Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango, Dinas PU dari Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, dan Bone Bolango, tim TABG dari Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, dan Bone Bolango, Bank BRI Cab Kota Gorontalo dan Cabang Limboto, Bank BTN dan Asosiasi Pengembang seperti REI, APERNAS dan APERINDO.

 

Pewarta : Moh. Jen thaib - Dinas Perkim

Baca 111 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo