>
Kamis, 11 Juli 2019 22:36

Memperkuat Masyarakat Untuk Menolak Tindak Kekerasan

Oleh
Beri rating
(1 Vote)

GORONTALO –Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Provinsi  Gorontalo mengggelar penyuluhan sosial penolakan tindak kekerasan dalam kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan ini diikuti 30 orang peserta di Kantor Lurah Molosiafat U kota Gorontalo, Jumat (5/7/2019) pekan lalu.

Dalam sambutan pembukaan, Intjetasa Pasau, Kasubag Keuangan Dinas Sosial PP dan PA Provinsi Gorontalo mengatakan, pembangunan nasional  saat ini mengalami perubahan paradigma  dengan memberikan  peran dan posisi  lebih besar kepada masyarakat sebagai pelaku.

Untuk itu diperlukan sosialisasi hingga ke tingkat desa/kelurahan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Juga menghidupkan nilai-nilai budaya lokal yang telah lama diyakini sebagai salah satu pranata dalam mengatur kehidupan masyarakat.

“Budaya yang berbasis kearifan lokal  seperti gotong royong, mohuyula, tenggang rasa, keperdulian terhadap sesama dan saling berbagi  harus dibangun kembali,” kata Intjetasa Pasau.

Sementara itu Israwanto Masia, Kasubag Perencanaan dan Evaluasi program berharap penyuluhan ini dapat memberikan pemahaman masyarakat , menambah pengetahuan dan kompetensi penyuluh. Masyarakat dan penyuluh mampu memahami permasalahan sosial yang  dihapai secara nyata, dan segera melakukan penanganan secara terintegrasi dan terpadu.

“Dibutuhakn peran aktif keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan desa/kelurahan berketahanan Sosial. Serta pengawasan terhadap permasalahan sosial yang mengakibatkan munculnya kekerasan, seperti penyalahgunaan narkoba  pada anak anak dan masyarakat,” kata Israwanto Masia.

Tujuan penyuluhan  sosial ini untuk mengubah perilaku melalui penyebarluasan informasi, komunikasi, motivasi dan edukasi.

Dalam penyuluhan ini hadir Tim Pusat Penyuluhan Sosial (Puspensos), Dinas Sosial Kota Gorontalo dan Lurah serta staf kelurahan Molosifat U Kota Gorontalo.

 

Pewarta : Yoan Thalib – Dinas Sosial PP dan PA

Baca 99 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo