>
Jumat, 05 April 2019 16:59

Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo Bersama BPTD Wilayah XXI Gorontalo Lakukan Sosialisasi Layanan Angkutan Perintis Sumber Dana APBN Di Kabupaten Gorontalo

Oleh
Beri rating
(0 suara)

WhatsApp Image 2019 04 05 at 11.51.49 1

Guna mewujudkan pemerintah yang lebih melayani, maka Pemerintah Provinsi Gorontalo di bawah kepemimpinan Rusli Habibie dan Idris Rahim, terus berupaya untuk hadir di tengah masyarakat utamanya bagi mereka yang belum terjangkau oleh layanan transportasi. Olehnya, Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Perhubungan (Dishub) dan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXI Gorontalo yang merupakan perwakilan pemerintah pusat yang ada di daerah, bersinergi untuk menghadirkan angkutan yang nyaman, murah dan terjangkau bagi masyarakat melalui  layanan bus perintis.

Untuk optimalisasi layanan tersebut, Dishub Provinsi Gorontalo bersama BPTD Wilayah XXI Gorontalo melakukan sosialisasi layanan angkutan perintis kepada masyarakat di di desa Biluhu Timur Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo (dengan sumber dana APBN).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo (Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Angkutan Jalan), Kepala BPTD Wilayah XXI Gorontalo (Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan PPK Angkutan Jalan Perintis), Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo, GM Perum Damri Cabang Gorontalo, Kepala dan Aparatur Desa Biluhu Timur, dan masyarakat setempat, Jumat, (5/4).

Dalam sambutannya Sekretaris Dishub Provinsi Gorontalo, Drs. Abdul Rahman Husain, M.Si mengharapkan agar masyarakat menggunakan pelayanan angkutan perintis untuk mempermudah dan memperlancar perekonomian masyarakat. Masukan-masukan dari masyarakat terkait dengan waktu, tarif, dan lokasi penjemputan sangat diperlukan demi optimalnya layanan angkutan jalan perintis.

Lebih lanjut Abdul Karim Rauf ST, M.Si selaku Kabid Angkutan Jalan Dishub Provinsi Gorontalo, menyampaikan bahwa amanat UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dimana pemerintah wajib hadir melayani masyarakat di daerah yang tidak terlayani angkutan umum, termasuk di Desa Biluhu Timur, Kecamatan  Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo.

"Layanan angkutan perintis adalah program pemerintah yang tidak lahir begitu saja, tapi melalui proses, dimana berawal dari aspirasi pemerintah di Desa Biluhu Timur dan  diperkuat oleh Dinas Perhubungan  Kabupaten Gorontalo, yang kemudian dilakukan survey oleh Tim Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo dan Tim BPTD Wilayah XXI Gorontalo di tahun 2018". Kata Karim

"Dengan hadirnya angkutan bus perintis ini, diharapkan untuk menunjang pemerataan, pertumbuhan dan stabilitas sebagai pendorong, penggerak dan penunjang pembangunan nasional," tambahnya.

Pada kesempatan ini disosialisasikan juga terkait Seleksi Penerimaaan Calon Taruna Kementerian Perhubungan, dimana Pemerintah Provinsi telah melakukan MoU dengan Kementerian dan telah diikuti oleh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo, dimana nantinya para Calon Taruna yang telah lolos proses seleksi, pada saat selesai studi akan ditempatkan kembali ke daerah asal.

Terkait dengan layanan angkutan perintis, Kepala BPTD Wilayah XXI Gorontalo menyampaikan bahwa masyarakat diminta untuk memanfaatkan layanan angkutan perintis yang telah disediakan oleh pemerintah ini.

GM Damri Cabang Gorontalo menyampaikan bahwa tarif  transportasi dari Biluhu Timur – Kota Gorontalo untuk masyarakat sebesar Rp 10.000,00 dan untuk pelajar Rp 2.000,00, dengan waktu keberangkatan pukul 07.00 WITA dari Biluhu Timur yang menjadi usulan masyarakat dan akan ditindaklanjuti termasuk titik kumpul ada di tiap Simpang Empat di sepanjang jalur rute Biluhu Timur – Kota Gorontalo.

Sementara itu, Kepala Desa Biluhu Timur, mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur bahwa bus Damri sangat membantu masyarakat akan kebutuhan transportasi, di mana keberadaan bus perintis sangat membantu masyarakat desa Biluhu Timur dan berharap tidak dialihkan ke daerah lain, mengingat di Desa Biluhu Timur belum terlayani angkutan umum.

(ppiddishub)

Baca 123 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo