>
Kamis, 11 Juli 2019 20:16

Dinas Kominfo Bitung Studi Banding Ke Kominfo Provinsi Gorontalo

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Kota Bitung melakukan studi banding penyusunan aturan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan persandian ke Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo, Kamis (11/7/2019).

Kedatangan tamu dari Provinsi Sulawesi Utara yang terdiri dari Narcisca Lalena Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Layanan Inforasi Masyarakat Persandian dan para Kepala Seksi Dinas Kominfo Kota Bitung ini diterima oleh Sekretaris Dinas, Yahya Ichsan di ruang rapat.

Kisah sukses Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo dalam menyusun aturan  PPID dan persandian mendapat perhatian para tamu ini.

“PPD berfungsi sebagai layanan yang menyebarluaskan informasi arah kebijakan hingga program kerja lembaga kepada semua elemen masyarakat,” kata Yahya Ichsan.

Penyebarluasan informasi ini penting untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, transparan, efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.

“PPID ini bisa menjadi humas di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing, merekalah yang menyebarluaskan informasi setiap program kegiatan OPD,” ujar Yahya Ichsan.

Dalam penyusunan aturan,  didahului dengan membuat Surat Keputusan PPID yang ditandatangani Gubernur,  PPID di masing-masing  OPD kemudian dibekali dengan bimbingan teknis tentang fungsi dan tugasnya. Dalam bekerja, PPID ini dibantu oleh tenaga ahli di bidangnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Postel dan Persandian Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo, Muksin Malabar menjelaskan bahwa dalam penerapan tanda tangan elektronik yang perlu disiapkan adalah pelaksanaan tanda tangan, peralatan infrastruktur, SDM dan anggaran serta aplikasinya.

 “Infrastruktur persandian antara lain tempat kerja sandi yang memadai dan peralatan penunjang kamar sandi. Kami sudah melaksnakan self assessment untuk kabupaten/kota di seluruh Provinsi Gorontalo dan tanda tangan digital,” kata Muksin Malabar.

Menyinggung siber dan persandian, Muksin Malabar menambahkan penerapan sistem manajemen keamanan informasi, pengembangan layanan keamanan informasi, leterasi keamanan informasi pemerintah daerah dan publik, kapasitas sumber daya aparatur pemerintah dan penyusunan kebijakan tata kelola keamanan informasi.

Pada akhir kunjungan, Nascisca Lalela mengunjungi kamar sandi serta menyampaikan terima kasih atas informasi penyusunan aturan PPID dan persandian.

“Informasi yang kami terima menjadi pelajaran bagi perbaikan di pelaksanaan PPID dan persandian di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bitung,” kata Narcisca Lalela.

 

Pewarta : Wisnawaty Saleh – Dinas Kominfo dan Statistik

 

Baca 77 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo