>
Jumat, 20 September 2019 13:57

Culinary Festival GKK Diminati Pelaku Usaha Kuliner

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Peserta Culinary Festival dalam rangka Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2019 terus membludak dan dipastikan akan terus bertambah jumlahnya.

Dari data sementara yang dihimpun oleh panitia di Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, sudah 30 stand dipesan kelompok masyarakat atau pengelola kuliner yang menyatakan keikutsertaannya.

Festival makanan tradisional dan kekinian ini akan digelar pada 4-6 Oktober 2019 di sepanjang jalan samping rumah dinas gubernur. Pendirian stand kuliner ini dimulai dari samping restoran Angelato hingga ke arah kantor Pelni/BKD Kota Gorontalo.

“Awalnya kami hanya ada 30 stand, namun warga dan pelaku kuliner sangat antusias menyambut  GKK ini, mereka minta diikutsertakan sehingga kami akan menambah fasilitas tenda,” kata Ivonela Larekeng, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Provinsi Gorontalo, Jumat (20/9/2019).

Peserta ekspo kuliner yang sudah mendaftar antara lain berasal dari pelaku usaha kopi Gorontalo, kue tradisional, makanan khas, kudapan berbahan sagela, mitra binaan dinas pangan, mitra binaan dinas kehutanan, hingga kelompok masyarakat yang mendiami desa penyangga kawasan konservasi.

“Ada kelompok masyarakat yang memproduksi madu hutan, mereka akan ikut meramaikan ekspo kuliner ini,” ujar Anggie Anggriani, Staf Bidang Pemasaran Pariwisata yang mengurusi kegiatan kiliner ini.

Membludaknya peserta kuliner ini membuktikan pembinaan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Gorontalo, Perwakilan Bank Indonesia, Pemerintah Kabupaten/Kota, Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, Balai Konservasi sumber Daya Alam Sulawes Utara dan lembaga lain seperti NSLIC, Bank Rakyat indonesia dan Burung Indonrsia berhasil menumbuhkembangkan industri kecil menengah.

Para pelaku usaha kuliner yang didominasi kau wanita ini pada awalnya hanya sangat sederhana, bahkan di di kawasan tertentu belum ada usaha ini. Upaya pemerintah dalam mengangkat potensi lokal ini diwujudkan dengan banyak melakukan pelatihan, bimbingan teknis dan pendampingan.

Momen GKK ini adalah upaya untuk mengenalkan produk industri rumah tangga ini di tengah semaraknyanya dunia pariwisata yang membutuhkan dukungan kuliner.

 

Pewarta : PPID Dinas Pariwisata

Baca 219 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo