>
Jumat, 21 Jun 2019 17:01

Bimtek Peningkatan Kapasitas Pemda Dalam Penyelenggaraan Statsitik Sektoral

Oleh
Beri rating
(1 Vote)
Bimtek Peningkatan Kapasitas Pemda Dalam Penyelenggaraan Statsitik Sektoral yang dilaksanakan Dinas Kominfo dan Statistik Bimtek Peningkatan Kapasitas Pemda Dalam Penyelenggaraan Statsitik Sektoral yang dilaksanakan Dinas Kominfo dan Statistik

GORONTALO – Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo melaksanakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah dalam Penyelenggaraan Statistik Sektoral bertempat di Citra Ayu Hotel Kabupaten Boalemo, Kamis (20/6/2019).

Bimtek dihadiri oleh Kepala BPS Provinsi Gorontalo yang diwakili Rudi Cahyono, Kepala Bidang Integrasi Pengelolaan dan Diseminasi Statistik, dan Sigit Nugroho Putra, Kepala Seksi Diseminasi dan Layanan Statistik dan Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo yang diwakili Fatma Biki, Kepala Bidang Statistik, dan seluruh penanggungjawab data sektor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo dan unsur terkait Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Gorontalo.

Fatma Biki dalam sambutannya mengatakan pentingnya bimbingan teknis ini untuk memberikan arahan bagi personil data sektor memperhatikan kluster data, metadata, kualitas data, dan pemasukannya ke aplikasi e-Data.

“Semua variabel data sektor perlu ditetapkan faktor pendukung guna terwujud data yang valid, reliable dan akuntabel,”kata Fatma Biki.

Fatma Biki juga menjelaskan untuk indikator tertentu pada OPD yang memiliki pokja dengan BPS, seperi Dinas Kelautan dan Perikanan dalam merilis Nilai Tukar Nelayan dan indikator lainnya perlu merumuskan lagi metadata dan variabel non-sampling yang sudah menjadi rujukan.

Pada sesi awal bimbingan teknis ini, Rudi Cahyono, memberikan materi Peran BPS dalam pembinaan statistik sektoral. Data merupakan hal penting sehingga jika tidak memiliki daya maka tidak akan bisa mengambil keputusan.

“Dukungan data statistik berkualitas menjadi pondasi utama sebagai perumusan kebijakan pembangunan, alat control terhadap impelementasi perencanaan termasuk kebijakan yang bersifat evaluasi terhadap hasil kerja akhir,” kata Rudi Cahyono.

Dalam penyediaan statistik dasar, BPS setiap tahun mengeluarkan 6 jenis data, angka kemiskinan, ketimpangan pendapatan, inflasi, pertumbuhan ekonomi dan indek pembangunan manusia.

Sementara itu Sigit Nugroho Putra, dalam materinya tentang Metadata dan Rekomendasi, ia menyampaikan untuk mendukung terwujudnya sistem statistik nasional yang handal, efektif dan efisian, maka dibuatkan aplikasi yang menyediakan informasi metadata kegiatan statistik dalam rangka menunjang terbentuknya sistem statistika nasional.

“Metadata merupakan informasi yang mendeskripsikan suatu informasi dan menjadikan mudah ditemukan, digunakan, atau di kelola, peserta Bimtek diharapkan dapat memanfaatkan memperhatikan tahapan penyelenggaraan statistik, baik dari identifikasi kebutuhan, rancangan, implementasi, pengumpulan, analisis, disemuinasi sampai dengan evaluasi,”papar Sigit Nugroho Putra.

Herman Pasue, Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi  Data dan Tata Kelola Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo, menambahkan pentingnya peranan data yang nantinya menjadi basis informasi.

Dari kegiatan ini diharapkan penanggung jawab data Sektor OPD dapat berkoordinasi, konsultasi secara berjenjang dalam pengambilan data.

Data sektoral dibutuhkan dalam memberikan informasi bagi perencanaan pembangunan dan evalausi pelaksanaan pembangunan. Di akhir triwulan II 2019 setiap penanggung jawab data sektor harus menyampaikan data semester I.

Baca 124 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo