>
Jumat, 15 Maret 2019 15:57

Badan Siber dan Sandi Negara Stuban Peningkatan SPIP di Pemprov Gorontalo

Oleh
Beri rating
(0 suara)

studibanding2 SPIP

Gorontalo – Keberhasilan Inspektorat Daerah Provinsi Gorontalo dalam mengimplentasikan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) mendapat perhatian dari Badan Siber dan Sandi Negara , hal ini terbukti dengan adanya studi banding terkait strategi peningkatan maturitas SPIP oleh Inspektorat Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada Hari Kamis (15/3/2019). Peserta studi banding dari BBSN tersebut diterima oleh Huzairin Roham selaku Inspektur Provinsi Gorontalo didampingi oleh Nune Lamusu selaku Inspektur Pembantu Wilayah IV.

Muhammad Nur fajri Habibullah sebagai salah satu anggota tim studi banding menyampaikan tujuan studi banding mereka adalah untuk mengetahui lebih jauh implementasi SPIP di Inspektorat Daerah Provinsi Gorontalo terutama unsur Kegiatan Pengendalian.

Inspektur Provinsi Gorontalo, Huzairin Roham dalam dialog bersama peserta studi banding menyampaikan bahwa secara umum karakteristik penyelenggaraan SPIP di Provinsi Gorontalo antara lain telah menetapkan kebijakan dan prosedur pengendalian untuk sebagian besar kegiatan pokok satuan kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo. Untuk menunjang hal tersebut sebagian besar kegiatan mulai dari tahap perencanaan hingga tahap evaluasi telah berbasis IT antara lain perencanaan melalui aplikasi E-renggar pengukuran kinerja melalui Siransija, keuangan melalui Simda, evaluasi melalui E-Monev, Penilaian maturitas dan penilaian risiko menggunakan aplikasi SPIP dan Sirbia.

Dalam dialog tersebut juga Inspektur Pembantu Wilayah IV turut menyampaikan bahwa sebagian besar  kegiatan pokok unit organisasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo telah dilaksanakan sesuai Standard dan Prosedur yang dibuat.

Sampai dengan tahun 2018 Inspektorat Provinsi Gorontalo telah melaksanakan Penilaian maturitas SPIP terhadap 5 SKPD dengan hasil 2 SKPD beroleh nilai 3, 3 SKPD beroleh nilai 2.  Pada tahun ini direncanakan akan di laksanakan penilaian maturitas terhadap 4 SKPD yang sebelumnya telah di ikutkan dalam Bimtek Maturitas.

Diakhir dialog, Fajri menyampaikan ucapan terima kasih atas informasi tentang Implementasi SPIP di Provinsi Gorontalo yang akan menjadi bahan perbaikan bagi terlaksananya SPIP di lingkungan  Badan Siber dan Sandi Negara.

Foto/Pewarta : Hasni Miolo

Editor : Hasan Huradju

Baca 149 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo