Kamis, 04 Agustus 2016 20:37

Tim Gabungan Pemkot Gorontalo Sidak Supermarket-Restoran

Oleh
Beri rating
(0 suara)

Gorontalo, Tim gabungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Balai Lingkungan Hidup dan Dinas Perindustrian Perdagangan melakukan inspeksi mendadak pada sejumlah supermarket dan restoran, Kamis.

Nur Albar, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gorontalo usai sidak tersebut menjelaskan bahwa kegiatan itu merupakan pengecekan dalam rangka memberikan sertifikat layak sehat pada tempat usaha.

Tempat usaha yang harus memiliki setifikat layak sehat antara lain usaha restoran, rumah makan, cafe, tempat produksi makanan dan minuman, kue, roti dan katering," kata Nur Albar.

Ia menjelaskan, ia beserta instansi terkait memfokuskan pada tempat produksi makanan dan minuman yang ada di pusat perbelanjaan.

"Pada tempat yang pertama kita datangi adalah pusat pebelanjaan Gelael, dan kami menemukan masih ada beberapa kekurangan dari aspek sanitasinya untuk tempat pembuatan kue dan roti yang ada ditempat itu," ucapnya.

Dari pihak BLH, melihat bagaimana pembuangan limbah dan dari Disperindag melihat bahan-bahan yang digunakan apakah masih layak konsumsi atau tidak terkait masa kadaluarsa bahan.

"Setelah dari Gelael, kami berpindah ke tempat produksi kue dan roti dipusat perbelanjaan karsa utama, dan ditempat itu terlihat cukup baik, para pembuat roti sudah sesuai dengan peraturan, seperti menggunakan alat pelindung diri, contohnya tutup kepala, sarung tangan, celemek dan memiliki buku kesehatan," jelas Nur Albar.

Selanjutnya, tim gabungan bergerak ke Solaria, di tempat makan tersebut, tim gabungan tidak menemukan bahan makanan yang sudah kadaluarsa, tapi hanya menemukan sisa minyak goreng yang menumpuk, dan di salah satu lemari pendingin saos ditemukan dua buah payung.

"Seharusnya payung tidak boleh ditempatkan bersama makanan, tapi secara keseluruhan tempat itu terlihat baik, dan tempat terakhir kita mendatangi tempat pembuatan roti di Hypermart, dan hasilnya juga baik, semua tempat bersih dan tertata rapi, hanya ada satu makanan kaleng yang sudah berkarat dan masih disimpan," lanjutnya.

Kadis Kesehatan menegaskan akan ada nota peringatan yang diberikan jika masih ada temuan ditempat yang belum layak sehat dan jika menemukan hal yang sama usai mendapat peringatan, akan diberi teguran sebanyak tiga kali.

Untuk Kota Gorontalo terdapat 200an restoran, rumah makan, cafe, tempat produksi makanan, kue dan katering, hampir semua sudah ada sertifikat laik sehat.

Namun untuk Kota Gorontalo, belum ada yang memiliki grade A, semua masih grade B dan C. (Adiwinata Solihin - Antara News Gorontalo)

Baca 46256 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2018, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jl. Sapta Marga Kelurahan Botu Kota Gorontalo
Telp 0435 000000 Faks 0435 0000000 Email : kominfo@gorontaloprov.go.id

Please publish modules in offcanvas position.