>
Kamis, 25 April 2019 09:25

Kualitas Air Sungai Randangan menjadi Prioritas

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KOTA GORONTALO, PUPR – Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) provinsi Gorontalo Romen S. Lantu yang mewakili Kepala dinas PUPR provinsi Gorontalo menghadiri sidang tim koordinasi pengelolaan sumber daya air (TKPSDA) wilayah sungai Randangan di Quality hotel kota Gorontalo, Rabu (24/04/2019)

Sidang yang di buka secara resmi oleh kepala bidang prasarana wilayah badan perencanaan pembangunan daerah (BAPPEDA) provinsi Gorontalo Sulastri Husain yang mewakili ketua TKPSDA itu di hadiri oleh Kepala bidang SDA dinas PUPR provinsi Gorontalo Romen S. Lantu yang mewakili ketua harian TKPSDA, tenaga ahli subagian dinas kelembagaan kementrain PUPR hendarti sebagai narasumber dan para anggota TKPSDA.

“Sidang TKPSDA adalah sidang komisi dan sidang pleno yang menyangkut sungai Randangan yang Alhamdulillah pada hari ini sidang yang pertama di periode kedua di tahun 2019, yang telah menghasilkan beberapa point yang perlu di sepakati oleh anggota.” Jelas Romen saat wawancara.

Sidang TKPSDA untuk provinsi Gorontalo sendiri ada tiga yaitu sungai Randangan, sungai Bulango Bone dan sungai Paguyaman. Dari beberapa point yang perlu di sepakati bersama merupakan hasil paparan komisi bahwa seluruh anggota TKPSDA berkomitmen untuk melaksanakan seluruh apa yang di hasilkan dari kesepakatan di pleno.

“Saya berharap yang perlu di selamatkan itu adalah kualitas air yang ada di sungai-sungai randangan yang akhir-akhir ini sudah tercemar dengan kondisi pertambangan yang ada di Marisa enam sampai Marisa tujuh, oleh karena itu penting untuk di antisipasi, di sepakati dan selesaikan pada komisi.” Lanjut Romen.

“Kami dari pihak pemerintah mengapresiasi dari pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) karena kedepan prioritas dengan ketahanan air. Dari pusat ini sudah di susun satu dokumen pola dan rencana yang bisa menjadi acuan di dalam pengelolaan sumber daya air.” Jelas Sulastri Husain saat wawancara

Kepala bidang prasarana wilayah BAPPEDA provinsi Gorontalo juga menambahkan bahwa TKPSDA inti dari kegiatan sidang TKPSDA ini adalah untuk membahas singkronisasi program dan kegiatan di wilayah sungai Randangan di tahun 2019 ini dan akan mereview kembali apa saja program atau kegiatan yang telah di laksanakan pada tahun sebelum yang termasuk di dalamnya soal bagaimana cara mengantisipasi sedimen yang masuk ke sungai-sungai yang ada di Randangan.-

Pewarta – Yudi/PUPR

Editor – Dahlan/PUPR

Baca 124 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo