>
Kamis, 18 Februari 2016 10:45

Bupati Pohuwato Janji Rehabilitasi Mangrove

Oleh
Beri rating
(1 Vote)
Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga (Kanan), Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras (Kiri), saat foto bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, usai pelantikan, Rabu (17/2) (Foto Farid) Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga (Kanan), Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras (Kiri), saat foto bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, usai pelantikan, Rabu (17/2) (Foto Farid) Antara News Gorontalo

Gorontalo, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga berjanji pihaknya akan mendorong rehabilitasi hutan bakau atau mangrove selama lima tahun ke depan.

Ia mengaku masalah lingkungan di Pohuwato merupakan isu hangat yang terus berkembang dan membutuhkan campur tangan semua pihak dalam langkah pemulihan. "Yang pasti saya akan melibatkan seluruh pihak berkompeten dalam hal ini. Termasuk soal sawit," katanya usai dilantik oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Rabu.

Syarif mengungkapkan persoalan sawit menimbulkan perdebatan panjang terkait potensi ekonomi dan kelestarian lingkungan. "Ada dua pendapat soal sawit yakni bisa mendatangkan lapangan pekerjaan dan memperbaiki ekonomi masyarakat, dan sisi lain soal keberlangsungan lingkungan ke depan," ujarnya.

Menanggap dua pendapat itu, ia menilai pemerintah Pohuwato tidak akan berada dalam wilayah mendukung atau tidak mendukung perusahaan sawit. "Ingat, sawit ini masuk Pohuwato bukan karena saya. Saya juga lupa ada berapa perusahaan sawit yang masuk," tukasnya.

Sebelumnya Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melantik tiga kepala daerah di halaman rumah dinas gubernur.

Ketiga kepala daerah tersebut yakni Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Wakil Bupati Bone Bolango Kilat Wartabone, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan Wakil Bupati Gorontalo Fadli Hasan.

Kemudian Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga dan Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta tiga kepala daerah tersebut untuk menjalankan tugas dan amanah masyarakat, tanpa memandang perbedaan politik."Masalah dukung mendukung dalam politik hanya ada di pilkada.Mulai sekarang bupati adalah milik semua masyarakatnya," kata Rusli.

Gubernur juga mengungkapkan bahwa tiga pilkada di daerah itu berlangsung sukses hingga seluruh proses hukum selesai. (Debby Hariyanti Mano - Antara News Gorontalo)

Baca 2638 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo