>
Selasa, 17 September 2019 13:23

Tim Karhutla Dan Masyarakat Padamkan Kebakaran di Modelidu

Oleh
Beri rating
(1 Vote)

TALAGA – Berada di puncak musim kemarau, sebanyak 35 hotspot kebakaran hutan dan lahan dengan luas 25 hektar terpantau di Provinsi Gorontalo.

Salah satu kebakaran terjadi di Desa Modelidu Kecamatan Talaga Kabupaten Gorontalo yang menghanguskan 1 ha kawasan hutan. Diduga api yang merambat berasal dari Desa Longalo dan Ulapato.

“Kami sudah menurunkan Tim Karhutla untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di kawasan hutan di Desa Modelidu Kecamatan Talaga,” kata Fayzal Lamakaraka, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo, Senin (16/9/2019).

Bersama masyarakat, Tim Karhutla yang terdiri dari unsur Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo, KPH Wilayah VI dan Babinsa Wilayah Talaga, bahu-membahu mengatasi kebakaran ini. Mereka menggunakan sumber daya yang ada melakukan penyekatan api agar tidak menjalar lebih luas.

“Lokasi kebakaran jauh dari sumber air, masyarakat dan pemerintah desa sangat membantu untuk melakukan pemadaman api,” jelas Faizal Lamakaraka.

Di Lokasi kebakaran, Kepala KPH Wilayah VI Djimlan, meminta masyarakat yang bermukim dan memiliki kebun di sekitar hutan agar bersama menjaga  dan tidak membakar di areal kebun, musim kemarau saat ini sangat panjang disertai angin kencang, sehingga api sekecil apapun bisa dengan cepat merembet dan membesar di kawasan tersebut.

“Kami berharap semua unsur, pemerintah, masyarakat dan pihak lainnya tanggap dan waspada setiap melihat asap atau titik api,” kata Djimlan.

 

Pewarta : Nurmulianto Nasaru - Dinas LHK

Baca 164 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo