>
Minggu, 01 September 2019 17:34

Sukses Kelola Lahan Kelompok Petani Wanita Desa Ambara Jadi Percontohan KRPL

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Bersama Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Zakiya Beserewan dan kaum wanita Desa Ambara, Sila Botutihe melakukan panen panen bersama di kebun KRPL Bangkit Bersama. Bersama Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Zakiya Beserewan dan kaum wanita Desa Ambara, Sila Botutihe melakukan panen panen bersama di kebun KRPL Bangkit Bersama.

GORONTALO - Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan salah satu program ketahanan pangan yang berbasis masyarakat dengan memanfaatkan lahan atau pekarangan untuk ditanami tanaman pangan, keberqadaan kelompok ini secara langsung maupun tidak telah mampu menekan angka inflasi.

Salah satunya KRPL di Provinsi Gorontalo adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) Bangkit Bersama yang berada di Desa Ambara Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo, kelompok kaum wanita merupakan binaan Dinas Pangan Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, Sila Botutihe saat meninjau KWT Bangkit Bersama mengatakan bahwa KRPL KWT ini layak sebagai percontohan KRPL lain yang ada di Kabupaten/Kota.

"Saya yakin dari 301 jumlah KRPL yang ada di Provinsi Gorontalo walaupun belum seluruhnya berjalan dengan baik, tetapi sudah lebih 60 persen yang berjalan dengan baik, mereka saat ini dalam masa penumbuhan dan pengembangan," kata Sila Botutihe, Jumat (30/8/2019).

Sila Botutihe mengatakan KRPL Bangkit Bersama  akan direkomendasikan sebagai percontohan KRPL, Kaum wanita di Desa Ambara ini tidak menunggu musim hujan atau pada musim tanam, pada musim kemarau seperti sekarang ini mereka pun menanam. Perawatan tanaman juga dilakukan untuk memastikan tumbub dengan baik.

Hasilnya, beberapa komoditas tanaman mereka justru memiliki kecenderungan harga naik di pasaran, sementara saat ini mereka panen. Inilah keuntungan yang didapat petani dari program KRPL.

Bersama Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Zakiya Beserewan dan kaum wanita Desa Ambara, Sila Botutihe melakukan panen panen bersama di kebun KRPL Bangkit Bersama.

 

Pewarta : Hariman – Dinas Pangan

Baca 187 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo