>
Sabtu, 07 September 2019 20:10

Serunya Adventure Offroad Etape Dua Jelajah Wisata Alam Gorontalo

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Putra Gubernur Gorontalo, Moh. Alham Prasogo (tengah) membagikan paket sembako kepada warga yang dijumpai saat menggelar Adventure Offroad, Sabtu (7/9/2019). Gubernur Rusli memahami dengan kondisi kemarau dan kekeringan saat ini banyak warganya yang membutuhkan bantuan sembako. (Foto: Salman-Humas). Putra Gubernur Gorontalo, Moh. Alham Prasogo (tengah) membagikan paket sembako kepada warga yang dijumpai saat menggelar Adventure Offroad, Sabtu (7/9/2019). Gubernur Rusli memahami dengan kondisi kemarau dan kekeringan saat ini banyak warganya yang membutuhkan bantuan sembako. (Foto: Salman-Humas).

GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo kembali menggelar Adventure Offroad etape kedua yang menyisir sejumlah Desa di Kabupaten Gorontalo, Sabtu (7/9/2019). Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan istri Idah Syahidah serta puluhan offroader lokal mengikuti gelaran ini.

Sedikit berbeda dengan etape pertama yang digelar pekan lalu, jalur kali ini dimulai dari Rumah Jabatan Gubernur masuk dan mengikuti aliran sungai di Desa Talumelito. Rute berlanjut ke perbukitan Desa Dulamayo Barat, Desa Malahu dan finish di Desa Dulamayo Selatan, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo.

Di awal lintasan, offroader yang menunggangi mobil jenis jip dan hartop 4×4 atau four wheel drive (4WD) sudah disuguhkan oleh lintasan bebatuan sungai sepanjang 1,5 kilometer. Beberapa mobil harus DNF (do not finish) lebih awal karena masalah mesin. Beruntung saat ini sedang musim kemarau sehingga kondisi air sungai sedang mengering.

Obstacle atau rintangan berikutnya yang harus ditaklukkan yakni jalur mendaki sebelum lepas dari sungai. Satu mobil peserta mengalami freelock atau mesin penggerak roda depan tidak berfungsi sehingga sulit melahap jalur menanjak.

Upaya untuk menarik dengan winch mobil offroader lain tidak bisa mengatasi tantangan tersebut. Warga dan peserta lain terpaksa menarik dengan tali agar mobil bisa dievakuasi.

Jalur di perbukitan Desa Dulamayo Barat tidak kalah menantang. Lintasan yang sempit antara jurang dan tebing cukup untuk menaikkan adrenalin offroader. Peserta yang tidak mampu mengendalikan mobil saat menuruni bukit harus terperosok keluar dari jalur.

Jalur Talumelito – Dulamayo Selatan ini rencananya akan salah satu etape atau Special Stage (SS) dalam event Adventure Offroad Jelajah Wisata Alam Gorontalo (JAWG) Desember 2019 nanti. Event itu akan digelar besar-besaran dengan skala nasional.

“Jadi akan ada tiga etape. Etape pertama di jalur ini kita nanti nginap dan akan ada games di situ. Hari berikutnya kita lanjut etape Kabupaten Gorontalo Utara – Boalemo kita nginap lagi, terakhir di Kabupaten Pohuwato,” terangnya.

Event JAWG rencananya akan menjadi agenda parwisata tahunan pemerintah Provinsi Gorontalo. Diharapkan melalui ajang itu bisa mempromosikan keindahan alam daerah kepada para pecinta otomotif seperti event serupa yang digelar daerah lain.

Pada pelaksanaan adventure offroad itu, Gubernur Rusli beserta istri menyerahkan paket bantuan pangan kepada warga yang dilewati. Ada juga penyerahan bantuan kepada lebih kurang 250 KK miskin yang digelar di garis finish.

Sulitnya medan ditambah cuaca yang terik membuat mobil Gubernur Rusli dan beberapa mobil lain mengalami overheat mesin. Radiator menjadi panas dan berasap. Perjalanan pun sempat terhenti beberapa menit.

“Karena saya sudah terbiasa dengan offroad jalur ini tantangannya masih “kacang-kacang” (kecil atau mudah). Tapi jalur ini lebih sulit dengan jalur sebelumnya (pada etape pertama, Gorut – Boalemo),” diakui Gubernur Rusli.

Baca 118 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo