>
Senin, 12 Agustus 2019 11:14

Rusli Habibie Shalat Iduladha di Tabongo

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyerahkan sapi limosin bantuan dari Presiden Joko Widodo kepada takmirul masjid Al-mujahidin, Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo usai pelaksanaan Shalat Iduladha, Minggu (11/8/2019). (Foto: Salman-Humas). Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyerahkan sapi limosin bantuan dari Presiden Joko Widodo kepada takmirul masjid Al-mujahidin, Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo usai pelaksanaan Shalat Iduladha, Minggu (11/8/2019). (Foto: Salman-Humas).

GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie beserta istri Idah Syahidah melaksanakan shalat Iduladha di pelataran Masjid Al-mujahidin, desa Tabongo Timur, kecamatan Tabongo, kabupaten Gorontalo, Minggu (11/8/2019).

Kehadiran Rusli ditemani anaknya Alham Prasogo Habibie serta Ketua Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Gorontalo Iskandar Paputungan. Sejumlah pimpinan OPD juga turut hadir diantaranya Asisten II Sutan Rusdy, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Faizal Lamakaraka dan Plt. Karo Humas dan Protokol Masran Rauf.

Pelaksanaan shalat id di masjid Al-Mujahidin dimulai pukul 07.00 WITA yang dipimpin oleh ustadz Refli. Bertindak sebagai khatib yakni M Agus Madina dari Kanwil Kementrian Agama Provinsi Gorontalo.

Dalam khutbahnya, Agus menyebut amaliah ibadah haji merupakan simbol dan lambang pemersatu umat yang sangat ideal di tengah persatuan umat yang semakin rapuh dan pudar sekarang ini. Umat sangat mudah dipecah belah dengan pancingan ekonomi, politik dan sosial. Terasa bahwa umat harus kembali memahami eksistensi dan jatidiri mereka.

“Inilah momentum dan saat yang tepat untuk menata kembali persatuan dan kesatuan yang memang hanya dimiliki oleh umat Islam; mulai dari wahdatul akidah (kesatuan ideologi), wahdatul harakah (kesatuan gerak dan aktivitas), wahdatus syi’ar (kesatuan syiar) dan wahdatul ghoyah (kesatuan cita-cita dan tujuan). Betapa perjalanan ibadah haji banyak memberi pelajaran bagi cita-cita kesatuan umat,” jelasnya.

Dari prespektif tarbiyah keluarga, peristiwa pemotongan hewan kurban yang dipraktekkan Nabi Ibrahim AS dengan Putranya Ismail AS merupakan puncak ketaatan dan keimanan kepada Tuhan Allah SWT.

“Nabi Ibrahim AS memilih memenuhi perintah Allah swt untuk menyembelih putranya daripada mengikuti perasaan dirinya terhadap putranya yang masih kecil. Karena ia yakin, tidak mungkin Allah memerintahkan sesuatu melainkan untuk kebaikan dirinya, keluarganya dan umatnya pada masa yang sama. Di situlah tergambat tingkat keta’atan nabi Ibrahim yang luar biasa yang layak mendapat kehormatan untuk membawa risalah ibadah kurban dan ibadah haji bersama keluarganya,” imbuh Agus.

Usai melaksanakan shalat id, Gubernur Rusli menyempatkan untuk menyerahkan hewan kurban dari Presiden RI Joko Widodo kepada takmirul masjid setempat. Sapi Limosin dengan bobot lebih kurang 1 ton diserah kepada takmirul masjid dan warga sekitar.

Pada perayaan Idul Adha 1440 Hijriyah gubernur Rusli bersama keluarga menyembelih hewan kurban sebanyak 9 ekor sapi. Sementara bantuan sapi kurban dari Pemprov Gorontalo sebanyak 46 ekor. Rinciannya 40 ekor dana APBD dan 6 ekor lainnya sumbangan pegawai dari beberapa OPD.

Pewarta: Isam/Ecyhin - Humas

Baca 79 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo