>
Selasa, 27 Agustus 2019 08:43

Membuka Jalan Memajukan Usaha Pertanian Di Kabupaten Gorontalo

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Ruas jalan usaha pertanian yang saat ini sementara dalam proses pekerjaan di Desa Ulapato B, Kecamatan Telaga Biru, kabupaten Gorontalo (Foto Yudi) Ruas jalan usaha pertanian yang saat ini sementara dalam proses pekerjaan di Desa Ulapato B, Kecamatan Telaga Biru, kabupaten Gorontalo (Foto Yudi)

TELAGA BIRU – Jalan adalah fasilitas umum yang memberi kemudahan bagi banyak orang untuk melakukan mobilitas, termasuk pada petani di pedesaan Kabupaten Gorontalo.

Jalan yang mulus dan berkualitas akan memudahkan para petani mengakses sawah dan ladang yang dikelolanya. Fasilitas ini juga menjadi sarana mengangkut hasil pertanian ke pasar terdekat, sehingga kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Untuk itu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo, telah melakukan pembukaan akses jalan usaha pertanian di beberapa desa.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto bersama Kepala Bidang Cipta Karya Yuliana Rivai melakukan peninjauan ke sejumlah pekerjaan jalan usaha tani, yang sementara dalam proses pengerjaan.

“Kami sudah melihat sejumlah pekerjaan pembangunan jalan akses pertanian yang berada di Desa Ulapato A, Ulapato B dan terakhir yang berada di Botumoputi,” kata Yuliana Riavai, Selasa (27/8/2019)

Selain untuk memonitoring pekerjaan-pekerjaan yang sementara berlangsung, Kepala Bidang Cipta Karya ini juga menjelaskan, tujuan peninjauan ini untuk mengetahui masalah di lapangan yang dihadapi pelaksana dan mencarikan jalan keluarnya.

“Sejauh mana progres kegiatan di lapangan, apakah sesuai dengan jagwal yang dibuat dan laporan yang masuk. Kami melihat apakah ada permasalahan yang perlu diperbaiki di lokasi agar kami mencarikan solusi,” ujar Yuliana Rivai.

Sejumlah pekerjaan jalan usaha tani di Kabupaten Gorontalo ini menggunakan anggaran APBD yang berada pada Sinas PUPR, yaitu di Desa Ulapato A yang panjangnya 1.015 meter lebar 5 meter dengan anggaran sebesar Rp210 juta, pekerjaan jalan Ulapato B panjang 527 meter lebar 5 meter dengan anggaran sebesar Rp223 juta sedangkan untuk pekerjaan jalan usaha tani di desa Botumoputi dikerjakan dengan swakelola, panjang jalan yang dikerjakan 2.600 meter lebar 5 meter dengan anggaran sebesar Rp1 miliar.

“Alhamdulillah, semuanya sesuai progress. Kami berharap pekerjaan tepat sasaran, tepat mutu dan tepat kualitas,” harap Yuliana Rivai.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto, berharap dengan dibukanya beberapa ruas jalan usaha tani tersebut, bisa bermanfaat bagi masyarakat yang ada di pedesaan.

“Pembukaan jalan usaha pertanian ini memberi manfaat bermanfaat bagi masyarakat karena pembangunan infrastruktur yang unggul, berkualitas dan merata hingga ke pelosok desa, merupakan visi dan misi dari Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo,” ungkap Handoyo.

 

Pewarta – Yudi/PUPR

Baca 186 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo