>
Kamis, 15 Agustus 2019 12:22

Garap RHL 600 Ha DLHK Libatkan Masyarakat 3 Kecamatan

Oleh
Beri rating
(0 suara)

 

GORONTALO – Bertempat di Balai Desa Motinelo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo dilaksanakan Sosialisasi Rehabilitasi Hutan Dan Lahan (RHL) Daerah Aliran Sungai (DAS) Prioritas.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo yang bekerja sama dengan Polda Gorontalo ini diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari masyarakat kelurahan Dembe I Kota Barat Kota Gorontalo, Tabongo Timur dan  Motinelo Kecamatah Tabongo serta Desa Ambara Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo.

“Tujuan sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Selasa lalu adalah untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat mengenai kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL).  Masyarakat harus tahu, mau dan mampu melaksanakan RHL secara baik, serta terampil dalam mengelola dan memanfaatkan lahan miliknya masing-masing secara optimal, produktif  dan lestari,” kata Hoerudin, Kepala Bidang Penegan Hukum dan Rehabilitasi yang didampingi Andi Amirudin, Kepala Seksi Pengelolaan DAS dan Rehabilitasi, Kamis (15/8/2019).

Menurut Hoerudin, program  RHL ini bersumber dari dana Dana Alokasi Khusus seluas 600 Ha. Kegiatan RHL  dibutuhkan dalam upaya perbaikan wilayah DAS dan meningkatkan kualitas lingkungan.

Program RHL diharapkan akan memperbaiki, meningkatkan, dan mempertahankan daya dukung dan produktivitas hutan dan lahan, sehingga fungsi ekologi, sosial, ekonomi dapat tercapai secara optimal.

“Harapan yang ingin dicapai pada kegiatan RHL adalah terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat sekitar hutan, pendapatan masyarakat meningkat, fungsi lindung tercapai secara optimal dan kondisi lingkungan lebih lestari, terbebas dari bahaya banjir  dan kekeringan,” ungkap Hoerudin.

Kepala Seksi Pengelolaan DAS dan Rehabilitasi, Andi Amirudin secara khusus memaparkan secara detail terkait tahapan RHL dan penjelasan teknis pekerjan lainnya di tingkat tapak.

Sedangkan narasumber kepolisian menghimbau masyarakat yang terlibat langsung pada RHL  agar menciptakan suasana aman serta tertib dalam melaksanakan pekerjaan, masing–masing kelompok kerja agar menjaga kekompakan serta junjung tinggi kerukunan serta menjaga diri agar tidak terjadi pelanggaran hukum.

 

Pewarta : Nurmulianto Nasaru – Dinas LHK

Baca 87 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo