>
Minggu, 01 September 2019 17:20

Atasi Musim Kemarau KRPL KWT Bangkit Bersama Dungaliyo Panen Sayuran

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Dinas Pangan Provinsi Gorontalo bersama para petani kaum wanita mengoptimalkan pemanfaatan lahan untuk mencegah terjadinya kerawanan pangan saat musim kemarau panjang.

Pemanfaatan lahan ini dilakukan melalui program program Kawasan Rumah Pangan Lestari(KRPL) di berbagai wilayah di kabupaten/kota sejak 2011 sampai hinggsa sekarang.

Salah satu kelompok Kawasan Rumah Pangan Lestari adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) Bangkit Bersama di Desa Ambara Kecamatan Dunggaliyo Kabupaten  Gorontalo yang ditinjau oleh Kepala Dinas Pangan, Sila Botutihe.

"Saya sangat mengapresiasi keberhasilan KRPL Kelompok Wanita Tani Bangkit Bersama Karena di saat musim kemarau seperti ini masih mampu untuk tetap bertahan dengan produksi panen yang cukup banyak" Kata sila botutihe saat memanen hasil kebun KRPL binaan Dinas Pangan, Jumat (28/8/2019).

Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo di hadapan Ketua Kelompok dan anggotanya KWT Bangkit bersama, mengatakan selain untuk konsumsi dalam keluarga, sisa hasil panen yang melimpah tersebut bisa juga di jual ke pasar dan penjual sayur dan rempah-rempah di sekitar rumah.

Sementara itu Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Zakiya Beserewan menuturkan KRPL ini merupakan program pemerintah yang menyentuh masyarakat, baik dari segi kesehatan yakni pemenuhan gizi.

Dari sisi ekonomi, ibu rumah tangga sudah tidak kesulitan mencari sayur dan rempah. Semua yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari sudah tersedia di kebun atau halaman rumah, sehingga dapat menghemat pengeluaran biaya rumah tangga.

Hasil panen kebun Kelompok Rumah pangan Lestari (KRPL) hasil binaan Dinas Pangan ini adalah bawang cabai, tomat  dan sayuran lainnya.

 

Pewarta : Hariman – Dinas Pangan

Baca 150 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo