>
Selasa, 20 Agustus 2013 00:00

Pemkab Gorontalo Utara Segera Tangani Pencemaran Tambang

Oleh
Beri rating
(1 Vote)
ilustrasi ilustrasi

Gorontalo Utara, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara segera menangani pencemaran tambang di wilayah aktif pertambangan rakyat seperti di Buladu, Kecamatan Sumalata dan Ilangata, Kecamatan Anggrek.

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Selasa mengatakan penanganan akan dilakukan melalui pendekatan diskusi lokal dengan para penambang tradisional, serta masyarakat yang bermukim di sekitar lokasi maupun di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sumalata.

Ini dilakukan kata bupati, sebab hasil penelitian awal yang dilakukan para peneliti Universitas Ehime Jepang dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG), menunjukkan adanya kandungan Mercury pada warga di sekitar lokasi pertambangan, sebanyak 10-20 kali lipat.

Olehnya, penanganan pencemaran lingkungan harus diseriusi dengan terfokus, mengingat aktivitas pertambangan bisa mengancam kelestarian lingkungan dan keselamatan masyarakat. "Bila tidak diseriusi, maka dalam hitungan detik tragedi Minamata pun bisa terjadi di dua wilayah pertambangan tersebut," ujar Bupati.

Pendekatan persuasif kata bupati, akan diterapkan untuk memberikan kesadaran tentang dampak pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh aktivitas pertambangan. Pemkab pun segera mendata jumlah penambang rakyat dan mengkaji ulang pemberian izin pertambangan kepada beberapa perusahaan, yang wajib menyertai analisis mengenai dampak lingkungan. Untuk mengarahkan pengelolaan limbah pertambangan yang harus ditangani secara benar dan tepat agar ramah lingkungan.

Apapun alasannya kata bupati, penanganan pertambangan rakyat harus segera diseriusi mengingat permasalahan pencemaran lingkungan akibat aktivitasnya tidak boleh ditoleransi lagi. Pemberian izin pertambangan pun akan ditinjau kembali, disamping penelitian lanjutan terhadap kandungan zat berbahaya di sekitar lokasi pertambangan maupun DAS di wilayah ini.

 

Antara News Gorontalo

Baca 2902 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo