>
Sabtu, 18 Mei 2019 23:36

Kinerja Perhubungan Prima Pemerintah Pusat Percayakan Kwandang Pangkalan Tol Laut

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Jamal Nganro, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo dalam sebuah kegiatan di Pelabuhan Kwandang Jamal Nganro, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo dalam sebuah kegiatan di Pelabuhan Kwandang

KWANDANG – Provinsi Gorontalo menunjukkan kinerjanya dalam pengembangan infrastruktur perhubungan sehingga ditetapkan sebagai pelabuhan pangkalan kapal ternak nasional.

Dari wilayah perairan utara, Pelabuhan Kwandang di Kabupaten Gorontalo, KM Camara Nusantara 5 yang menjadi salah satu bagian penting dari tol laut yang akan menghubungkan beberapa wilayah pelabuhan di Nusantara,

KM Camara Nusantara 5 merupakan kapal negara khusus ternak yang dioperasionalkan oleh PT ASDP (Persero) yang diperuntukan untuk program Tol Laut.

“Kapal ini memiliki banyak keunggulan, tarifnya jauh lebih murah dari tarif dari kapal lain (subsidi),” kata Jamal Nganro, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Sabtu (18/5/2019).

Jamal Nganro juga menambahkan keistimewaan kapal KM Camara Nusantara 5 yang menjamin keselamatan ternak yang akan diantarpulaukan.

“Hewan yang dimuat di atas kapal diasuransikan, jika ternak mati dalam perjalanan akan diganti, juga disediakan layanan dokter hewan di  kapal dan dilengkapi fasilitas penunjang untuk kenyamanan ternak dalam perjalanan di laut,” papar Jamal Nganro.

Keberhasilan Gorontalo dalam pengembangan tol laut melalui Pelabuhan Kwandang di perairan utara ini tidak lepas dari perjuangan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim.

Perjuangan menggolkan tol laut dari Kwandang ini juga didukung keberhasilan daerah ini mengembangkan ternak sapi. Bahkan sejak lama dari pelabuhan Kwandang ini telah diantarpulaukan sapi-sapi dari Gorontalo ke wilayah Tarakan, Balikpapan, dan Samarinda di Pulau Kalimantan.

“Alhamdulillah di awal bulan suci Ramadhan ini, Dirjen Perhubungan Laut menyetujui pelabuhan Kwandang menjadi Pelabuhan Pangkalan kapal KM Camara Nusantara 5, kapal ini milik Kementerian Perhubungan,” jelas Jamal Nganro.

 

Pewarta : Monika Oktaviarini

Baca 304 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo