>
Sabtu, 31 Agustus 2019 13:17

Kebakaran Hangsukan 6 Ha Hutan Di Monano-Sumalata Timur

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo, Sumarwoto  bersama Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo Utara, Nurhadi Rahim meninjau Lokasi Kebakaran hutan dan Lahan di Kecamatan Monano dan Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara, Jumat (30/8/2019).

Hutan dan Lahan yang terbakar cukup luas sekitar 6 Ha, Sebagian besar sudah bisa diatasi, namun siang tadi muncul lagi di 3 lokasi titik api baru, disinyalir ada kesengajaan dari masyarakat yang akan membuka lahan baru. Api merambat sangat cepat karena cuaca sangat panas dan tiupan angin cukup kencang.

“Kami berharap aparat desa menyadarkan masyarakat untuk tidak membuka lahan baru dengan cara membakar hutan, ini akan merusak lingkungan dan ekosistem,” kata Sumarwoto.

Kepala BPBD Gorontalo Utara Nurhadi Rahim juga menyesalkan tindakan masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar hutan, risikonya sangat besar, bisa jadi api merambah sampai ke pemukiman warga.

Untuk mengatasi kebakaran ini BPBD Provinsi dan Kab Gorontalo Utara bejerjasama dengan TNI/Polri dan Pemadam kebakaran bahu-membahu untuk mengatasi kebakaran hutan yang terjadi di Monano dan Sumalata Timur.

“Kuncinya ada di Pemerintah Desa dan masyarakat itu sendiri, kalau masyarakat menyadari risikonya dan saling mengingatkan, insyaallah kebakaran hutan bisa diatasi,” jelas Sumarwoto.

Sumarwoto juga memaparkan tim penilai kerugian yang dipimpin Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Isnandar saat ini sedang menilai dampak kerusakan dan kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran hutan ini.

 

Pewarta : Iwandi Jusuf - BPBD

Baca 195 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo